Daerah Belum Bisa Deteksi Covid-19 Asal Virusnya Varian India, Inggris, Afrika Atau Lainnya

- Senin, 14 Juni 2021 | 17:15 WIB
MENYEMPROTKAN DESINFEKTAN : Petugas menyemprotkan desinfektan di kompleks Setda Kabupaten Wonogiri, Senin (14/6). Foto: SMN/Khalid Yogi (Khalid Yogi)
MENYEMPROTKAN DESINFEKTAN : Petugas menyemprotkan desinfektan di kompleks Setda Kabupaten Wonogiri, Senin (14/6). Foto: SMN/Khalid Yogi (Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-wawasan - Hingga kini, pemerintah daerah belum bisa mengidentifikasi penyakit virus corona (Covid-19) varian India.

Tes swab maupun tes antigen yang dilakukan hanya dapat menunjukkan pasien yang bersangkutan positif atau negatif Covid-19.

Bupati Wonogiri Joko 'Jekek' Sutopo menerangkan, hingga kini belum ada petunjuk teknis dari pemerintah pusat yang dapat digunakan sebagai pegangan untuk mengidentifikasi Covid-19 varian India.

Baca Juga: Imbauan Seminggu di Rumah Terkait Melonjaknya Covid-19 Tak Digubris, Aktivitas Masyarakat Tetap Ramai

"(Hasil tes) baru menunjukkan positif atau negatif. Belum bisa menentukan (asal virusnya) dari India, Inggris, Afrika dan sebagainya. Apakah ada mutasi atau apa, belum bisa mendeteksi," terangnya, Senin (14/6).

Untuk itu, yang terpenting saat ini adalah menanamkan pemahaman mengenai bahaya Covid-19 dan bagai mana penanganan terhadap pasien yang terkonfirmasi positif. "Kabarnya hanya penyebarannya sangat cepat," imbuhnya.

Sementara itu, kondisi Kabupaten Wonogiri saat ini menurutnya masih stabil. Kabupaten tersebut berada dalam zona oranye.

Dari lima spesimen yang tersisa, tiga di antaranya menunjukkan positif Covid-19, sedangkan dua lagi masih menunggu hasil laboratorium.

Berdasarkan website resmi Pemkab Wonogiri hingga Minggu (13/6), jumlah kasus positif Covid-19 hingga ini mencapai 5.044 orang. Sebanyak 137 orang masih dirawat di rumah sakit dan 243 lainnya menjalani isolasi mandiri.

Adapun jumlah yang sudah sembuh mencapai 4.376 orang, sedangkan 288 orang meninggal dunia.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Sumber: SM Network

Tags

Terkini

X