Merasa Dirugikan Kebijakan Manajeman, Ribuan Pekerja PT Nesia Pan Pacific Knit Unjuk Rasa

- Jumat, 11 Februari 2022 | 14:15 WIB
Ribuan pekerja wanitaPT Nesia Pan Pacific Knit berunjuk rasa. /Dok Istimewa/
Ribuan pekerja wanitaPT Nesia Pan Pacific Knit berunjuk rasa. /Dok Istimewa/

TENGARAN, suaramerdeka-wawasan.com - Ribuan pekerja wanita PT Nesia Pan Pacific Knit di Tengaran, Kabupaten Semarang, melakukan unjuk rasa pada Jumat, 11 Februari 2022.

Para pendemo menuntut dua manajer Warga Negara Asing (WNA), Mr Lee dan Mr Park untuk turun dari jabatannya, lantaran kebijakannya dinilai sangat merugikan mereka.

Demo diikuti mulai dari level manajer, supervisor hingga bagian produksi. Sehingga, membuat perusahaan yang bergerak di bidang garmen tekstil pembuatan baju jadi expor ke luar negeri itu, tak berproduksi.

Hingga menjelang siang, sebagian besar pekerja wanita itu berkumpul sambil berteriak-teriak, menuntut kebijakan selama setahun terakhir yang dianggap merugikan mereka dianulir.

''Ini puncaknya. Kesejahteraan kami seolah-olah digerogoti, karena saat adanya Manager baru di PT Nesia Pan Pacific memberlakukan aturan baru yang memberatkan para buruh,'' kata salah seorang supervisor yang enggan disebut namanya.

Supervisor itu menjelaskan, sejak berlakunya aturan baru, ribuan karyawan malah merasa diberatkan. Contohnya soal jam kerja, kata dia, jika ada buruh yang tidak masuk sanksinya dimutasi hingga persoalan pemotongan upah.

Dikatakan, kondisi ini sudah berjalan hampir satu tahun lamanya. ''Tuntutan kami, Mr Lee dan Mr Park untuk turun dari jabatannya,'' tegasnya.

Para pendemo itu juga menyatakan, mereka akan berunjuk rasa lagi pada esoknya lagi, bila belum terjadi kesepakatan dalam dialog dengan manajemen perusahaan.

Tim Leader QC, Diah Septiani, membenarkan perihal tuntutan para pekerja pabrik yang berunjuk rasa menuntut Mr Lee dan Mr Park untuk turun dari jabatannya.

Saat ini para buruh menyampaikan uneg-uneg melalui pengeras suara. Sedang sejumlah perwakilan pendemo berdialog dengan menejemen yang dijaga petugas keamanan dari Polsek dan Koramil Tengaran.***

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X