Klaster Baru Covid 19 di Blora, 26 Santri dan 2 Pendamping Asrama Ponpes Insan Gemilang Positif

- Sabtu, 5 Februari 2022 | 10:57 WIB
Bupati Blora Arief Rohman mengunjungi Ponpes Insan Gemilang, yang santrinya positif Covid 19. /Dok Humas Pemkab Blora/
Bupati Blora Arief Rohman mengunjungi Ponpes Insan Gemilang, yang santrinya positif Covid 19. /Dok Humas Pemkab Blora/

BLORA, suaramerdeka-wawasan.com - Sebanyak 26 santri dan dua pendamping asrama di Pondok Pesantren Insan Gemilang, Blora, diketahui positif terpapar Covid-19.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Blora, Joko Budi Santoso mengatakan, munculnya penularan itu bermula dari seorang santri yang merasakan badannya panas, batuk dan pilek.

''Anak yang sebelumnya panas batuk pilek dan diperiksakan oleh keluarga, PCR mandiri, dan dari hasilnya menunjukkan positif,'' ungkapnya pada Jumat, 4 Februari 2022.

Baca Juga: Masih Kesulitan Operasikan Smartphone untuk Parkir Elektronik, Juru Parkir: Banyak yang Kabur, Saya Rugi

Hasil itu, kata dia, Dinas Kesehatan Kabupaten Blora menindaklanjuti dengan melakukan pelacakan kontak erat sebanyak 84 sampel yang diambil dari pelajar dan santri Ponpes Insan Gemilang.

Menurutnya, dari hasil pelacakan itu sebanyak 27 orang dinyatakan positif terpapar Covid-19, dengan rincian 25 santri dan 2 pendamping pondok pesantren tersebut.

Dia menjelaskan, para santri yang negatif diizinkan pulang dan diimbau tetap patuh protokol kesehatan, dengan dipantau pihak Puskesmas setempat.

Baca Juga: Miras Oplosan Campuran Etanol dan Air Mineral Tewaskan 9 Orang, Penjual Ditetapkan Jadi Tersangka

Sementara itu, jelasnya lagi, santri yang positif untuk sementara ditempatkan di pusat karantina. ''Besok pagi yang positif antigen akan dilakukan swab PCR untuk penegakan diagnose,'' tambahnya.

Selain itu, kata dia, sebagai langkah antisipatif terhadap Covid-19 varian Omicron, bila diperlukan sampel spesimen tersebut akan dikirim untuk dicek.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X