Rumah Warga Sempat Kebanjiran, Bupati Kudus Minta Camat dan Kades Pantau Kondisi Tanggul yang Jebol

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:00 WIB
Bupati Kudus HM Hartopo saat meninjau tanggul yang jebol. /Dok Humas Pemprov Jateng/
Bupati Kudus HM Hartopo saat meninjau tanggul yang jebol. /Dok Humas Pemprov Jateng/

KUDUS, suaramerdeka-wawasan.com - Bupati Kudus HM Hartopo, minta seluruh camat dan kades memantau kondisi tanggul sungai di Desa Pladen, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus yang jebol pada Rabu, 19 Januari 2022.

Hal itu disampaikan Bupati Kudus HM Hartopo, saat meninjau tanggul sungai yang jebol di Dukuh Jawik RT 02/RW 05 Desa Pladen, Kecamatan Jekulo, Jumat, 21 Januari 2022.

Seperti diketahui, akibat tanggul sungai di Desa Pladen yang jebol sekitar delapan meter pada pukul 22.00 WIB, membuat 70 rumah warga di Dukuh Jawek, Desa Pladen, kebanjiran.

Baca Juga: Pengedar Sabu Ambil Pesanan Dibekuk Polisi, Barang Bukti Seberat 120 Gram

Namun, untuk kondisi saat ini kondisi genangan air di rumah warga sudah mulai surut.

Menurut Bupati Kudus, kalau kebocoran tanggul tak segera ditangani, akan menyebabkan kebocoran yang awalnya sedikit lantaran terkikis air sungai bakal melebar.

''Kami sudah meminta kepala desa dan camat untuk menyisir tanggul. Jadi kalau ada yang bocor bisa langsung ditambal. Mohon setiap desa bisa menata tanggulnya masing-masing,'' tegas Hartopo.

Baca Juga: Komplotan Pengedar Narkoba Jenis Sabu Diringkus Polres Salatiga, Salah Satu Pelakunya Wanita

Disampaikan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk perbaikan talud, tanggul, dan normalisasi sungai.

''Kami sudah meminta BBWS untuk normalisasi sungai. Banyak sungai di Kudus yang dangkal dan rawan banjir. Nanti juga ada perbaikan tanggul, kalau bisa ditinggikan lagi,'' ucapnya.

Bupati juga meminta, agar batu dan ban yang digunakan untuk menambal tanggul tersebut, dapat diganti dengan sak berisi pasir atau tanah, supaya lebih kuat.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X