Covid-19 di Blora 'Menggila', Muncul Kluster Hajatan di Balongsari, 35 Positif, 2 Dirawat

- Minggu, 6 Juni 2021 | 22:33 WIB
Covid-19 (Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S)
Covid-19 (Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S)

BLORA,suaramerdeka-wawasan.com-Setelah Kudus digonjang penyebaran virus covid-19, kini giliran Kota Blora Jawa Tengah penyebarannya juga memprihatinkan.

Muncul kluster hajatan di Blora, tepatnya dari Desa Balongsari, Kecamatan Banjarejo. Sedikitnya ada 35 warga setempat sesuai hasil swab test, terpapar Covid-19. Dua diantaranya harus opname atau dirawat di rumah sakit.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Edy Widayat ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa dari hasil tracing yang dilakukan oleh Puskesmas Banjarejo, hasilnya ada 35 orang di Desa Balongsari yang positif Covid-19.

Baca Juga: UPDATE Virus Corona di Indonesia 6 Juni 2021, Positif Naik 5.832, Meninggal 163 Orang

''Dari 90 orang yang di swab, hasilnya 35 orang positif Covid. Dari jumlah itu dua di antaranya harus menjalani perawatan atau opname di rumah sakit,''jelas Edy Widayat, Minggu, 6 Juni 2021.

Dijelaskan, Dinkes bersama TNI dan Polri dan pihak terkait lainnya, telah melakukan tindakan antisipasi. TNI dan Polri, serta Satgas Covid terjun ke lapangan dan melakukan penyemprotan disinfektan.

Selain itu, juga melakukan sosialisasi kepada warga yang terkena agar disiplin melakukan isolasi mandiri. ''Kami bersama TNI-Polri telah melakukan tindakan ke lapangan,'' tandas Edy Widayat yang juga Camat Todanan itu,

Diketahui, berawal adanya hajatan manten di Desa Balongsari, Kecamatan Banjarejo, Blora, sedikitnya ada 90 warga desa harus jalani swab test.

Menurut Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Sutik, Kejadiannya berawal ketika ada hajatan mantenan di rumah salah seorang warga Desa Balongsari. Setelah kegiatan hajatan selesai, banyak warga sekitar yang sakit dengan gejala pilek dan panas.

''Kebetulan ada salah seorang warga yang sakit itu periksa di Puskesmas Banjarejo, dan ketika di swab antigen hasilnya positif. Selanjutnya tracing dilakukan kepada sejumlah orang yang kontak erat di acara hajatan mantenan tersebut. Sedikitnya sudah ada 90 warga yang diswab,''jelas Sutik.

Halaman:

Editor: Kusmiyanto

Sumber: SM Network

Tags

Terkini

X