Mantan Napi Narkotika LP Yogyakarta Ungkap Kekerasan di Penjara , Dicambuk hingga Makan Pepaya Busuk

- Kamis, 18 November 2021 | 09:21 WIB
Ilustrasi penjara. Mantan Napi LP di Yogyakarta ungkap aksi kekerasan oleh oknum petugas LP di dalam penjara mulai dari cambuk hingga makan pepaya busuk. /Pixabay/Ichigo121212
Ilustrasi penjara. Mantan Napi LP di Yogyakarta ungkap aksi kekerasan oleh oknum petugas LP di dalam penjara mulai dari cambuk hingga makan pepaya busuk. /Pixabay/Ichigo121212

YOGYAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Tindak kekerasan terhadap narapidan (napi) diduga terjadi di Lapas Narkotika Kelas II A Yogyakarta.

Peristiwa kekerasan tersebut diduga dilakukan oleh oknum petugas lembaga pemasyarakatan (LP) terebut.

Akibat perlakukan kekerasan oleh oknum petugas LP tersebut warga binaan mengalami trauma dan luka-luka akibat kekerasan.

Baca Juga: BNPT : Siapa pun Terlibat Jaringan Terorisme Wajib Ditindak : Terduga Farid Okbah Teroris JI

Kekerasan yang dilakukan oleh oknum keamanan LP tersebut di antaranya pemukulan, jambuk, dan disuruh makan pepaya busuk.

Ungkapan kekerasan oleh oknum keamanan LP tersebut disampaikan mantan narapidana kasus narkotika Vincentius Titih Gita Arupadatu.

bahkan mantan napi ini telah melaporkan peristiwanya ke sejumlah pihak, antara lain Ombudsman, Komnas HAM, dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Baca Juga: Operasi Zebra Candi 2021 Polrestabes Semarang, Dirlantas Polda Jateng : Tidak Ada Tindakan Represif

“Yang saya alami bersama rekan-rekan, 26 April saya dikirim dari Rutan Yogyakarta bersama 12 orang, setelah saya dikirim dari Rutan itu langsung mengalami penyiksaan dari oknum petugas pengamanan Lapas dan regu,” kata Vincentius dikutip dari pikiran-rakyat.com, Kamis, 18 November 2021.

Vincentius menuturkan, bahwa dirinya disiksa dengan dicambuk dengan selang, kabel dan kayu.

Halaman:

Editor: Kusmiyanto

Sumber: Pikiran-Rakyat.com

Tags

Terkini

X