Bandara Soedirman Resmi Beroperasi

- Selasa, 1 Juni 2021 | 21:24 WIB
Suasana saat peresmian Bandara Soedirman, Purbalingga, Selasa (1/6/2021) (Didik SP)
Suasana saat peresmian Bandara Soedirman, Purbalingga, Selasa (1/6/2021) (Didik SP)

PURBALINGGA, WAWASAN SM - Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) Purbalingga resmi beroperasi, Selasa (1/6/2021). Pengoperasian bandara itu bersamaan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila.
Bandara Soedirman sendiri berada di Lapangan Udara (Lanud) TNI AU Jenderal Besar Soedirman di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja, Purbalingga.
“Bandara ini sudah dirintis pembangunannya sejak 15 tahun yang lalu. Kami memberikan apresiasi kepada bupati sebelumnya yang sudah berjuang agar Purbalingga memiliki bandara,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), Selasa (1/6/2021).

Baca Juga: Dihantam 'Mimpi Buruk' , Tahun 2021 Indonesia Tak Dapat Jatah Kuota Haji

Baca Juga: Nadiem Makarim Minta Sekolah Adakan Belajar Tatap Muka Terbatas, Netizen: Ya Ampun Mas Menteri
Pembangunan bandara itu sudah dirintis sejak tahun 2006 oleh Bupati Triyono Budi Sasongko. Diawali dengan melakukan studi kelayakan.
Proses terus berlanjut di masa kepemimpinan bupati selanjutnya. Masing-masing Heru Sudjatmoko, Sukento Rido Marhaendrianto dan Tasdi. Termasuk di masa kepemimpinan Tiwi.
Dalam peresmian tersebut Tiwi juga menyampaikan pihaknya merasa bersyukur karena bandara Soedirman bisa resmi beroperasi bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila.
Dia juga menegaskan bahwa keberadaan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menggeliatkan perekonomian di Jateng Selatan bagian barat.
“Bandara ini bukan hanya milik Kabupaten Purbalingga. Namun milik warga di Banyumas, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara dan Kebumen (Barlingmascakeb) serta wilayah yang berdekatan lainnya,” lanjutnya.
Secara khusus Tiwi juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang telah memberikan support sehingga pembangunan bandara Soedirman bisa berjalan lancar.
Dia berharap, nantinya tidak hanya perekonomian yang terangkat dengan adanya bandara. “Namun juga sektor perindustrian dan pariwisata di Jateng barat bagian selatan,” harapnya.
Sementara itu Direktur PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaludin dalam kesempatan yang sama menyampaikan hari ini Bandara Soedirman resmi berstatus aktif beroperasi.
Penerbangan komersial akan mulai dilaksanakan Kamis (3/6/2021). “Dengan rute Surabaya (Juanda)-Purbalingga-Jakarta (Halim),” ungkapnya.
Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada maspakai Citilink yang merupakan maskapai perdana yang mengudara di bandara tersebut.
Peresmian beroperasinya bandara Soedirman juga dihadiri Wabup Sudono, Ketua DPRD HR Bambang Irawan, Danlanud Jenderal Besar Soedirman Letkol Nav Marino Adam Darmawan, serta perwakilan pengusaha.

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X