Tim Saber Pungli Sikat 43.000 Pungutan Liar. Mahfud : Pengurusan SIM hingga PBB

- Jumat, 24 September 2021 | 16:45 WIB
Ilustrasi rupiah, tim satgas Saber Pungli sudah berhasil menindak 43.000 kasus pungli mulai dari pengurusan SIM hingga pungutan liar di sejumlah tempat fasilitas umum.. /Pixabay/Mohamad Trilaksono
Ilustrasi rupiah, tim satgas Saber Pungli sudah berhasil menindak 43.000 kasus pungli mulai dari pengurusan SIM hingga pungutan liar di sejumlah tempat fasilitas umum.. /Pixabay/Mohamad Trilaksono

YOGYAKARTA, suarmerdeka-wawasan.com - Beberap waktu yang lalu pemerintah Indonesia telah membentu Tim Saber Pungli yang bertugas melakukan tindakan tegas terhadap pelaku.

Dalam kegiatan Tim Saber Pungli yang terdiri dari sejumlah petugas dari berbagai unsur ini hingga saat ini masih melakukan tugasnya.

Sejumlah kasus pungli di daerah maupun di pusat berhasil diungkap dan ditindak oleh Tim Saber Pungli ini.

Baca Juga: Menko Polhukam Minta Masyarakat Jangan Takut Melaporkan Pungli : Aparat Diminta Menindaklanjuti

Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) telah malang melintang dalam melakukan tindakan.

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengklaim kasus pungli (pungutan liar) di Indonesia sudah sangat berkurang sejak adanya Satgas Saber Pungli.

"Sekarang alhamdulillah sudah sangat berkurang pungli-pungli itu. Kalau saya ditanya kenapa, karena ada ada Saber Pungli yang selalu memata-matai, menyelidiki siapa menerima apa," kata dia di Yogyakarta, Jumat 24 September 2021.

Baca Juga: Polisi Fasilitasi Aspirasi Pekerja Migran saat Kunjungan Presiden Jokowi ke Cilacap

Ia menyebut, sejak awal dibentuk, Satgas Saber Pungli telah melakukan penangkapan lebih dari 43.000 kali yang kemudian kasusnya dilimpahkan ke polisi.

Kasus pungutan liar yang ditangani Saber Pungli terjadi di berbagai sektor pelayanan publik seperti pengurusan SIM, persyaratan pengajuan kredit di bank, hingga pungli pengurusan PBB.

Halaman:

Editor: Kusmiyanto

Tags

Terkini

X