Update Gempa Turki dan Suriah Sudah Tewaskan Lebih dari 1.200 Orang

- Senin, 6 Februari 2023 | 20:36 WIB
salah satu wilayah Turki yang rata dengan tanah akibat Gempa Turki (tangkapan layar)
salah satu wilayah Turki yang rata dengan tanah akibat Gempa Turki (tangkapan layar)

ANKARA, suaramerdeka-wawasan.com - Gempa dahsyat dengan Magnitudo 7,8 SR mengguncang Turki bagian Tenggara dan Suriah. Begitu dahsyatnya, hingga korab tewas sejauh ini sudah tembus 1.200 jiwa.

Jumlah ini Jumlah tersebut berdasarkan data resmi dari pemerintah setempat baik Turki maupun Suriah.

Jumlah itu diperkirakan bakal terus bertambah, karena dahsyatnya gempa telah memporakporandakan beberapa kota dimana gedung-gedung pencakar langit di Turki Tenggara itu rata dengan tanah. Begitupun yang di Suriah.

Baca Juga: Cianjur Diguncang Gempa. Ternyata Tercatat Sejarah Panjang Gempa Cianjur

Sebagian besar korban tewas adalah karena tertimpa reruntuhan rangunan yang rata dengan tanah. Bahkan diperkirakan masih ratusan bahkan ribuan lagi yang masih terjebak di reruntuhan dan sebagain lain sudah ditemukan dan mengalami luka-luka di rumah sakit.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, 912 orang di negaranya telah meninggal dan 5.383 terluka akibat gempa berkekuatan Magnitudo 7.8 mengguncang pada 6 Februari 2023.

Begitu banyaknya korban tewas, Erdogan mengatakan pihak pemerintah belum bisa memprediksi berapa banyak jumlah korban gempa karena operasi pencarian dan tanggap bencana masih terus dilakukan.

Guardian melaporkan Presiden Erdo─čan menggambarkannya sebagai bencana terbesar di negara itu sejak 1939. Sementara operasi pencarian dan penyelamatan pun terkendala oleh cuaca buruk akibat salju yang mulai turun.

Sementara itu Kantor berita Suriah melaporkan, lebih dari 320 orang tewas di negara tersebut. Sementara 1.000 lainnya mengalami luka-luka.

Regu penolong White Helmet juga ikut melaporkan 147 orang ditemukan meninggal dunia dan lebih dari 340 terluka di daerah operasional mereka di Suriah. Diperkirakan jumlah tersebut belum masuk dalam laporan resmi pemerintah.

Baca Juga: Gempa 5,6 SR Mengguncang Cianjur, 14 Orang Tewas dan 17 Luka-luka

Gempa Turki, dilaporkan pusat gempa Turki dilaporkan dekat Kota Gaziantrep, Turki. Namun, getarannya terasa hingga Siprus.

Gempa susulan dilaporkan terjadi kurang dari 12 jam sejak gempa pertama mengguncang Turki di 2023. Sedangkan media lokal Suriah mengatakan, Damaskus pun tedampak oleh gempa susulan itu.

European Mediterranean Seismological Centre (EMSC) mengatakan, data awal menunjukkan gempa susulan itu mencapai Magnitudo 7,7.

Lokasi gempa diketahui terletak di 67 km utara-timur laut Kahramanmara┼č, Turki, pada kedalaman 2 km.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Gempa Turki, Sejarah dan Penyebabnya

Senin, 6 Februari 2023 | 21:04 WIB

Breaking News. Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 00:59 WIB
X