Tragedi Halloween Itaewon, Ada Dua WNI yang Mengalami Luka Ringan

- Minggu, 30 Oktober 2022 | 17:29 WIB
Ini gambaran denah Distrik Itaewon yang menjadi TKP Tragedi Halloween Itaewon diambil dari Twitter
Ini gambaran denah Distrik Itaewon yang menjadi TKP Tragedi Halloween Itaewon diambil dari Twitter

SEOUL, suaramerdeka-wawasan.com – Meskipun tidak ada korban tewas dari warga negara Indonesia ( WNI ) namun Kedutaan Besar Indonesia untuk Korea Selatan memastikan ada dua orang Indonesia yang mengalami luka ringan.

‘’Kami pastikan tidak ada laporan WNI menjadi korban meninggal di tragedi Halloween Itaewon ini. Tapi memang ada dua WNI yang mengalami luka-luka ringan,’’ kata Dubes RI untuk Korsel, Gandi Sulistyanto dalam wawancara dengan media.

Gandi mengabarkan kalau WNI itu sudah diperbolehkan pulang dan sudah kembali ke keluarganya, Minggu, 30 Oktober 2022 usai tragedi Halloween Itaewon dimana ada 19 warga negara saing yang jadi korban tewas.

Baca Juga: KBRI Seoul: Tak Ada WNI Jadi Korban Tragedi Halloween Itaewon

Hanya saja, Gandi memastikan, pihaknya akan terus memantau perkembangan korban meninggal karena masih banyak korban yang belum teridentifikasi atau salah mengidentifikasi negaranya.

Kejadian terbaru adalah Warga negara Austria yang diidentifikasi sebagai warga Australia. Dan itu sudah dilakukan perubahan, sehingga dipastikan jika korban adalah warga Austria.

Secara keseluruhan, Gandi mengabarkan kalau korban meninggal sebanyak 153. Dan otoritas pemerintah Korea Selatan terus meng-update koondisi terkini para korban.

Gandi juga menginformasikan bahwa sebagian besar korban meninggal adalah karena kekurangan oksigen akibat gang-gang sempit dan ruangan yang sempit di Itaewon yang dijejali ribuan orang.

Presiden Yoon Suk Yeol turun langsung menginstruksikan kepada aksi cepat tanggap kepada seluruh jajarannya untuk mengevakuasi para korban, mencegah terjadinya korban tambahan dan menjaga situasi di lokasi kejadian.

Ia juga mendatangi langsung tempat kejadian perkara di distrik Itaewon. Ia juga memastikan ada 19 warn=ga negara asing.

Baca Juga: Tragedi Helloween Itaewon. Tewaskan 151 Orang, Presiden Korea Selatan Umumkan Masa Berkabung Nasional

Gambar-gambar di media sosial memperlihatkan ratusan orang, yang memadati gang sempit dan miring itu, terjepit serta tidak bisa bergerak.

Sementara itu, para petugas penanganan darurat serta kepolisian berupaya untuk membebaskan mereka dari himpitan.

Gambar-gambar lain menunjukkan keadaan kacau ketika para petugas damkar dan warga menangani puluhan orang yang tampaknya tidak sadarkan diri.

Baca Juga: Helen Pricella Akhirnya Meninggal, Korban Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan Jadi 132 Orang

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Gempa Turki, Sejarah dan Penyebabnya

Senin, 6 Februari 2023 | 21:04 WIB

Breaking News. Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 00:59 WIB
X