Pangeran Charles Resmi Dinobatkan Sebagai King Charles III

- Sabtu, 10 September 2022 | 12:41 WIB
King Charles II dan permaisuri tengah melihat bunga ucapan duka cita yang menghiasi istana Buckingham
King Charles II dan permaisuri tengah melihat bunga ucapan duka cita yang menghiasi istana Buckingham

LONDON, suaramerdeka-wawasan.com - Meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Kamis, 8 September 2022 membuat, putra sulungnya Charles (73), kini menjadi raja, King Charles III. Ratu Elizabeth meninggal dunia di usia 96 tahun setelah bertahta selama 70 tahun.

King Charles III telah secara resmi diangkat sebagai raja baru Inggris oleh Dewan Penobatan di Istana St James's London, Jumat, 9 September 2022. Sementara istrinya, Camilla Parker Bowles, kini disebut permaisuri.

Charles secara resmi juga telah mengumumkan ungkapan duka atas meninggalnya sang ibu. "Meninggalnya Ibunda tercinta, Yang Mulia Ratu, merupakan momen kesedihan terbesar bagi saya dan seluruh anggota keluarga saya," tulis Charles dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan Istana Buckingham.

Baca Juga: Breaking News. Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Ratu Elizabeth memiliki kehidupan yang dijalani dengan baik; sebuah janji dengan takdir yang ditepati dan dia sangat berduka atas kematiannya. Janji pelayanan seumur hidup itu, kini saya perbarui kepada Anda semua hari ini.” Kata King Charles II yang berbicara kepada Bangsa dan Persemakmuran.

Ini menjadi pernyataan resmi pertama Charles sebagai raja baru di Inggris yang diunggah di akun resmi kerajaan, setelah keputusan pertama dia yaitu memakai sebutan King Charles III.

Dia juga menjadi kepala negara dari 14 kerajaan, termasuk Australia, Kanada, dan Selandia Baru.  Setelah Charles, pewaris tahkta berikutnya adalah Pangeran William, diikuti Pangeran George, putra William dan Kate Middleton

Charles sebagai putra tertua yang juga putra mahkota Ratu Elizabeth II sebenarnya punya pilihan lain selain memakai nama Charles yaitu Philip, Arthur, atau George.

Baca Juga: Pembukaan Porprov Jateng 2023 Diminta Meriah. Ganjar: Kalau Perlu Datangkan Soimah

Selain King Charles II yang berubah sebuatnnya dari Pangeran Charles, perubahan lain juga terjadi pada putra Charles yaitu Pangeran William dan istrinya Catherine.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Breaking News. Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 00:59 WIB
X