Khawatir Ketularan Covid-19, Kemenkes Singapura Batasi Wisatawan dari Indonesia

- Minggu, 11 Juli 2021 | 16:06 WIB
Sejumlah calon penumpang berjalan menuju konter validasi dokumen kesehatan di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, 18 Mei 2021. / Antara Foto/Fauzan
Sejumlah calon penumpang berjalan menuju konter validasi dokumen kesehatan di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, 18 Mei 2021. / Antara Foto/Fauzan

SINGAPURA, suaramerdeka-wawasan.com - Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia masih mengkhawatirkan, meski angka kesembuhan sudah mencapai puluhan ribu, tetapi kasus aktif belum juga melandai.

Menyusul kondisi Indonesia saat ini, pemerintah Singapura pun akan segera mengurangi izin masuk bagi wisatawan dari Indonesia begitu juga yang bukan warga negara Singapura atau penduduk tetap.

Kebijakan tersebut, disampaikan pihak Kementerian Kesehatan Singapura (MOH), melansir situs Channel News Asia, Sabtu, 10 Juli 2021 waktu setempat.

Baca Juga: Abu Janda Terpapar Covid-19, Gus Yaqut: Pokoke Sehat, Harus Sehat, Tak Suhu dari Sini

Pengetatan perbatasan bagi pengunjung dari Indonesia itu dilakukan Singapura, di tengah situasi Covid-19 yang semakin memburuk di Tanah Air.

Pihak Kemenkes Singapura menerangkan, persetujuan masuk dapat dipertimbangkan di mana langkah-langkah manajemen aman tambahan diambil.

Bahkan, Kemenkes Singapura juga menyebutkan seluruh turis dengan riwayat perjalanan ke Indonesia, dalam 21 hari terakhir tidak akan diizinkan untuk transit melalui Singapura mulai besok Senin, 12 Juli 2021 sekira pukul 23.59 waktu setempat.

Lebih lanjut, dalam keterangannya Kemenkes Singapura menegaskan, semua pelancong yang memasuki negara itu dengan riwayat perjalanan terakhir ke Indonesia dalam 21 hari terakhir, harus menunjukkan hasil tes PCR negatif Covid-19 yang valid diambil dalam waktu 48 jam sebelum keberangkatan ke Singapura.

Tentunya bagi wisatawan yang tiba di Singapura tanpa hasil tes PCR negatif yang valid, dapat ditolak masuk.

Selanjutnya, penduduk tetap dan pemegang izin jangka panjang yang tidak memenuhi persyaratan baru dapat dibatalkan izinnya, sebagaimana dikutip dari laman PMJ News.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Sumber: PikiranRakyat.com

Tags

Terkini

Breaking News. Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 00:59 WIB
X