131 Pekerja Migran Indonesia Dipulangkan dari Malaysia, 4 Orang dari Jateng

- Senin, 28 Juni 2021 | 18:54 WIB
Ilustrasi pekerja migran, tak sesuai prosedur 131 pekerja migran Indonesia dipulangkan /Pixabay/@mohamed_hassan
Ilustrasi pekerja migran, tak sesuai prosedur 131 pekerja migran Indonesia dipulangkan /Pixabay/@mohamed_hassan

KUALA LUMPUR, suaramerdeka-wawasan.com – Sebanyak 131 pekerja migran Indonesia yang berada Kuala Lumpur Malaysia dipulangkan, Minggu, 27 Juni 2021.

Alasan para migran indonesia dipulangkan, adalah karena mereka tidak memenuhi syarat secara prosedur yang telah ditetapkan dari negara tersebut.

Migran non-prosedural dari sejumlah tahanan di Depo Imigrasi Semenanjung Malaysia dipulangkan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Kuala Lumpur International Airport (KLIA).

Dubes RI di Kuala Lumpur Hermono, Wakil Dubes Agung Cahaya Sumirat, Koordinator Fungsi Konsuler Rijal Al Huda, Atase Imigrasi Anton Helistiawan, Wakil Atase Imigrasi John Paul, Atase Hukum Sumarsono dan Country Manager Malaysia PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk Fredrik Kasiepo, tampak menyaksikan pemulangan migran indonesia yang non prosedural tersebut.

Pemulangan sebanyak 61 orang laki-laki dan 67 perempuan yang berusia lanjut dan mempunyai masalah kesehatan tersebut, dibiayai oleh pemerintah Indonesia.

Dubes Hermono mengatakan, Pemerintah indonesia juga melakukan negosiasi dengan pemerintah Malaysia, di mana ada yang dikategorikan rentan, usia lanjut, masalah kesehatan, perempuan dan anak anak.

''Dengan pertimbangan kemanusiaan, pihaknya secara sepihak memulangkan mereka dan seluruh biaya ditanggung oleh pemerintah Indonesia,'' ujar Dubes indonesia untuk Malaysia Hermono.

Dan, tentunya proses pemulangan para pekerja migran telah memenuhi ketentuan protokol kesehatan dan melalui tes PCR yang negatif.

Migrasi indonesia yang dipulangkan sebanyak 131 prang ini, adalah kloter kedua yang sebelumnya sudah dikelompokkan dalam kategori rentan,lanjut usia,perempuan dan anak anak karena kesehatan serta kondisi depo yang sudah tidak kondusif.

Setibanya di Jakarta para pekerja tetap akan menjalani proses karantina dan dilakukan penanganan kepulangan hingga ke daerah asal.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Sumber: Kedubes Indonesia

Tags

Terkini

Breaking News. Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 00:59 WIB
X