Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Setelah Ditembak, Berikut Kebijakannya yang Dikenang

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 09:22 WIB
Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. /Dok Istimewa/
Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. /Dok Istimewa/

TOKYO, suaramerdeka-wawasan.com - Meski telah mendapatkan penanganan medis, mantan Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, meninggal dunia usai ditembak seorang pria di Kota Nara, Jepang, Jumat, 8 Juli 2022.

Abe ditembak ketika tengah berpidato untuk kampanye kandidat anggota majelis tinggi dari Partai Demokratik Liberal di Kota Nara.

Ia dikenal sebagai politikus yang konservatif dalam masalah kebijakan luar negeri, dan mampu mengambil sikap konfrontatif terhadap negera-negara Asia Timur lainnya.

Baca Juga: Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Ditembak saat Pidato, Mengalami Henti Jantung

Kiprah Shinzo Abe selama menjadi Perdana Menteri Jepang meninggalkan kebijakan, yang dikenang oleh rakyat Negeri Sakura itu.

Ia diketahui pernah berupaya memperbaiki ekonomi Jepang yang lesu, salah satunya adalah kebijakan ekonomi dengan nama Abenomics.

Kebijakan tersebut meliputi peningkatan jumlah uang yang beredar, menambah pengeluaran pemerintah, serta reformasi ekonomi Jepang agar lebih kompetitif.

Baca Juga: Terkait Kasus PPDB Online di SMAN 1 Batang, Polisi Gandeng Ahli IT Dalami IP Address Pengubah Data

Tak hanya itu, Abe juga kerap aktif mempromosikan Jepang sebagai pemimpin dalam perdagangan bebas.

Dia bahkan bekerja untuk memperluas hubungan dengan mitra dagang terbesar yakni China, dimana negara itu pernah menjadi musuh dalam pemerintahannya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Breaking News. Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 00:59 WIB
X