Truk Trailer Maut Penyebab Meninggalnya 50 Migran Lebih, Sopir Menjalani Proses Hukum

- Jumat, 1 Juli 2022 | 13:40 WIB
Sopir truk trailer pengangkut migran, saat melewati pos pemeriksaan keamanan dalam foto pengawasan di Laredo, Texas, Amerika Serikat. /Dok Istimewa/
Sopir truk trailer pengangkut migran, saat melewati pos pemeriksaan keamanan dalam foto pengawasan di Laredo, Texas, Amerika Serikat. /Dok Istimewa/

TEXAS, suaramerdeka-wawasan.com - Sopir truk trailer maut yang mengangkut migran tanpa fasilitas minum dan pendingin udara hingga jatuh korban lebih dari 50 orang, kini menjalani proses hukum.

Seperti diketahui, truk trailer pengangkut migran itu ditinggalkan begitu saja di tepi jalanan San Antonio, Amerikas Serikat (AS) yang terdapat korban puluhan orang meninggal pada Senin lalu, 27 Juni 2022.

Dikutip kantor berita Antara dari Reuters, terdakwa pengemudi truk trailer maut yang memarkirkan kendaraan berisi migran di rute kondang human trafficking itu, diduga mengonsumsi metamfetamin saat polisi menemukannya.

Baca Juga: Anggota Legislatif dan Kepala Daerah Ongkosnya Mahal, Wakil Ketua KPK: Jadi Beban Politik saat Menjabat

Keterangan ini diberikan anggota parlemen Amerika Serikat kepada Reuters, yang mengutip informasi penegak hukum.

Menurut dokumen yang diajukan di pengadilan Federal pada Kamis, 30 Juni 2022, Polisi San Antonio menemukan sopir truk trailer itu bernama Homero Zamorano Jr, warga Texas, yang bersembunyi di semak-semak dekat kendaraan itu.

Tercatat, dalam peristiwa pengangkutan migran ini, sebanyak 53 orang kehilangan nyawa, sehingga insiden penyelundupan manusia ini merupakan kasus paling mematikan yang pernah tercatat di Amerika Serikat.

Baca Juga: Bertemu Putin di Istana Kremlin, Jokowi: Ingin Perang Selesai, agar Rantai Pasok Segera Diperbaiki

Henry Cuellar, anggota DPR Amerika Serikat dari Partai Demokrat yang distriknya mencakup bagian timur San Antonio, Texas, mengatakan, bahwa Homero Zamorano Jr ditemukan mengonsumsi metamfetamin, obat sintetis yang kuat mempengaruhi sistem organ tubuhnya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Breaking News. Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 00:59 WIB
X