Lima Nelayan Indonesia Terdampar di Terengganu, KBRI Kuala Lumpur Upaya Pulangkan ke Tanah Air

- Kamis, 31 Maret 2022 | 00:35 WIB
Tim Satgas Perlindungan KBRI Kuala Lumpur berupaya pulangkan nelayan Indonesia yang terdampar di Terengganu, Malaysia. /Dok Humas KBRI Kuala Lumpur/
Tim Satgas Perlindungan KBRI Kuala Lumpur berupaya pulangkan nelayan Indonesia yang terdampar di Terengganu, Malaysia. /Dok Humas KBRI Kuala Lumpur/

KUALA LUMPUR, suaramerdeka-wawasan.com - Tim Satgas Perlindungan KBRI Kuala Lumpur, akan melakukan repatriasi terhadap lima nelayan Indonesia asal Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.

Koordinator Fungsi Pensosbud (Penerangan Sosial Budaya), Yoshi Iskandar mengatakan, Tim Satgas Perlindungan tersebut terdiri dari Satker Perhubungan dan Fungsi Konsuler Perlindungan.

''Rencana repatriasi akan dilaksanakan, setelah selesai penyidikan selama 14 hari yang dilakukan APMM (Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia/Penjaga Pantai Malaysia) Negeri Terengganu,'' jelas Yoshi dalam pers rilis, Kamis, 31 Maret 2022.

Baca Juga: KBRI Kuala Lumpur Pulangkan Empat WNI, Seorang di Antaranya Berhasil Dibebaskan dari Ancaman Hukuman Mati

Menurutnya, hasil penyidikan yang dilakukan pada 25 Maret 2022, kelima nelayan asal Indonesia itu dinyatakan tidak bersalah oleh Pendakwa Raya (Kejaksaan), dan diperintahkan untuk dikembalikan ke negara asalnya.

Yoshi menerangkan, kelima nelayan asal Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri itu diketahui bernama Mazli (39 tahun), Jumadi (39 tahun), Buhari (47 tahun), Ridwan (27 tahun), dan Arifin (33 tahun).

Peritiwanya, kata Yoshi, bermula saat lima nelayan WNI tersebut melaut pada 4 Maret 2022. Malangnya, jelasnya lagi, tepat setelah dua hari melaut kapal mereka tenggelam, akibat cuaca buruk.

Baca Juga: PSIS Semarang Tampil Hebat di Awal Musim, Sayang Performanya Merosot. Ini Curhatan Yoyok Sukawi

''Akibatnya, awak nelayan terapung dengan berpegang pada drum kosong selama dua hari, hingga hanyut ke pelataran anjungan lepas pantai Petronas yang tidak beroperasi,'' imbuhnya.

Selanjutnya, tandas Yoshi, para awak nelayan WNI menaiki anjungan yang tidak berpenghuni untuk menyelamatkan diri, dan mencari makanan untuk bertahan hidup.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Breaking News. Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 00:59 WIB
X