KBRI Kuala Lumpur Pulangkan Empat WNI, Seorang di Antaranya Berhasil Dibebaskan dari Ancaman Hukuman Mati

- Rabu, 30 Maret 2022 | 23:49 WIB
Staf KBRI Kuala Lumpur dampingi pelepasan kepulangan WNI ke Tanah Air yang terbebas dari hukuman mati di Malaysia. /Dok Humas KBRI Kuala Lumpur/
Staf KBRI Kuala Lumpur dampingi pelepasan kepulangan WNI ke Tanah Air yang terbebas dari hukuman mati di Malaysia. /Dok Humas KBRI Kuala Lumpur/

KUALA LUMPUR, suaramerdeka-wawasan.com - Lagi-lagi, KBRI Kuala Lumpur berhasil memulangkan empat orang WNI (Warga Negara Indonesia) bermasalah ke kampung halamannya.

Koordinator Fungsi Pensosbud (Penerangan Sosial Budaya) KBRI Kuala Lumpur, Yoshi Iskandar mengatakan, keempat orang WNI tersebut sebelum dipulangkan sempat ditampung di shelter KBRI Kuala Lumpur.

''Pelepasan para WNI itu didampingi Staf KBRI Kuala Lumpur menggunakan pesawat Malaysian Air ke Tanah Air pada 25 Maret 2022,'' terang Yoshi dalam keterangan pers, Kamis, 31 Maret 2022.

Baca Juga: Harusnya Berhak Atas Perunggu Terbang Layang PON Papua, KONI Jateng Beri Penghargaan Khusus Hengki Kosasih

Menurut Yoshi, salah satu WNI yang dipulangkan bernama Welmince Alunat, wanita asal Nusa Tenggara Timur, sebelumnya berhasil dibebaskan dari ancaman hukuman mati oleh Pengadilan Malaysia.

Welmince, kata Yoshi, pada tahun 2019 dituduh atas kasus pembunuhan terhadap bayinya sendiri. ''Terhadap kasus yang dialami tersebut, KBRI Kuala Lumpur sejak awal penahanan telah melakukan upaya pendampingan hukum,'' tambahnya.

Dikatakan, upaya pendampingan hukum dilakukan KBRI Kuala Lumpur berkolaborasi dengan retainer lawyer Gooi & Azura, termasuk dukungan Pusdokkes Polri untuk melakukan pembelaan terhadap Welmince Alunat.

Baca Juga: Polandia Lengkapi 12 Tim Eropa ke Piala Dunia 2022. Ini Daftar 27 Tim yang Sudah Pasti Lolos ke Qatar

Yoshi menjelaskan, dari rangkaian persidangan pada 3 Desember 2021 Mahkamah Tinggi Shah Alam-Selangor yang merupakan pengadilan tingkat pertama memutuskan Welmince Alunat melakukan pembunuhan tidak disengaja.

Akhirya, tambahnya lagi, Welmince terlepas dari ancaman hukuman mati, dan hanya dijatuhi hukuman dua tahun penjara. ''Atas putusan tersebut, Penuntut Umum tidak mengajukan upaya banding,'' ungkapnya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Breaking News. Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 00:59 WIB
X