9 WNI Berhasil Dievakuasi dari Ajang Pertempuran di Kota Chernihiv, Retno Marsudi Pastikan di Zona Aman

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 00:17 WIB
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi. /Dok Kemlu.go.id/
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi. /Dok Kemlu.go.id/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Kemlu (Kementerian Luar Negeri) RI berhasil mengevakuasi sembilan orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang terjebak di Kota Chernihiv, Ukraina.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam jumpa pers secara virtual pada Jumat, 18 Maret 2022, mengatakan, kesembilan WNI tersebut kini telah berada di zona aman.

''Alhamdulillah kita patut bersyukur, bahwa setelah melalui upaya yang sangat keras dan cukup lama, maka pada hari ini kita berhasil mengevakuasi sembilan orang WNI dari Kota Chernihiv,'' ungkap Retno.

Baca Juga: Bagas dan Fikri Kalahkan Ganda Andalan Jepang, Tantang Seniornya The Minions di Semifinal All England 2022

Menurutnya, keseembilan WNI tersebut sebelumnya terjebak di kota Chernihiv, yang menjadi salah satu lokasi pertempuran Rusia versus Ukraina.

Ia mengakui, proses evakuasi para WNI tersebut berlangsung tidak mudah, bahkan Kemlu RI butuh waktu 22 hari untuk mengupayakan evakuasi.

''Namun, baru hari ini mereka berhasil dievakuasi melalui jalur Kyiv. Dari ibu kota dibawa ke Lviv, kemudian menyeberang ke wilayah Polandia,'' jelas dia.

Baca Juga: Kabupaten Kebumen Jadi Sentra Baru Buah Kelengkeng di Jateng, Bisa Tahan Laju Kelengkeng Impor

Retno mengatakan, Kemlu RI juga sempat berulang kali mengganti skenario dan jalur evakuasi, karena situasi peperangan yang berubah setiap hari di Ukraina.

''Jika dihitung dari Chernihiv sampai ke Lviv, total perjalanan yang ditempuh para WNI sekitar 15 jam, lantaran ada antrean panjang di perbatasan,'' ungkapnya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Breaking News. Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 00:59 WIB
X