Positif Covid 19 Tak Diangkut ke Jakarta, 14 Orang Pengungsi dari Ukraina Masih Tertinggal di Bucharest

- Kamis, 3 Maret 2022 | 20:16 WIB
Ilustrasi para pengungsi WNI di Ukraina yang menuju Rumania. /Dok Istimewa/
Ilustrasi para pengungsi WNI di Ukraina yang menuju Rumania. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Sebanyak 14 pengungsi dari Ukraina gagal dibawa pesawat Garuda yang mengangkut 80 WNI (Warga Negara Indonesia) dan tiga WNA (Warga Negara Asing) tiba di Jakarta, Kamis, 3 Maret 2022.

Mereka terpaksa masih ditinggal di Bucharest, ibu kota Rumania, setelah keluar dari Ukraina sejak sepekan terjadi invasi Rusia ke negara tersebut.

''Terdapat 14 evacuee yang masih harus tinggal di Bucharest untuk sementara waktu, dan belum dapat ikut rombongan dalam kepulangan ini,'' kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dikutip dari YouTube MoFA Indonesia, Kamis, 3 Maret 2022.

Baca Juga: Dievakuasi dari Ukraina lewat Bucharest, 80 WNI dan Tiga WNA Sudah Sampai di Jakarta

Menurut Retno, penyebab 14 orang tersebut gagal ikut pulang bersama rombongan yang dijemput pesawat Garuda dari Bucharest ke Tanah Air, karena mayoritas dari mereka terpapar Covid-19.

''Dari tes yang dilakukan, 12 orang evacuee diketahui positif Covid-19. Sementara 2 orang lainnya memilih tinggal di Bucharest untuk menemani anak mereka yang positif Covid-19,'' jelasnya.

Retno mengatakan, pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bucharest, bakal terus memantau 14 orang tersebut.

Baca Juga: Sejuta Orang Ukraina Tinggalkan Rumah, PBB UNHCR Sebut Pengungsian Terbesar di Abad 21

''Jika kondisi kesehatan sudah memungkinkan, mereka akan dipulangkan dengan pesawat komersial,'' ungkap Retno.

Seperti diketahui, sebelumnya Kemenlu (Kementerian Luar Negeri) berhasil mengevakuasi 80 WNI (Warga Negara Indonesia) dan tiga WNA (Warga Negara Asing) dari Ukraina ke Jakarta, Kamis sore, 3 Maret 2022.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X