Dievakuasi dari Ukraina lewat Bucharest, 80 WNI dan Tiga WNA Sudah Sampai di Jakarta

- Kamis, 3 Maret 2022 | 19:15 WIB
Menyambut kepulangan warga negara Indonesia dari Ukraina. /Dok tangkapan layar/
Menyambut kepulangan warga negara Indonesia dari Ukraina. /Dok tangkapan layar/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Kemenlu (Kementerian Luar Negeri) berhasil mengevakuasi 80 WNI (Warga Negara Indonesia) dan tiga WNA (Warga Negara Asing) dari Ukraina ke Jakarta, Kamis sore, 3 Maret 2022.

Dikutip dari kanal YouTube MoFA Indonesia, mereka tiba menumpang pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasional Sukarno-Hatta sekira pukul 17.10 WIB, langsung diarahkan menumpang bus yang sudah disediakan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra, memberikan penyambutan saat kedatangan para WNI itu dari Ukraina, yang saat ini sedang terjadi invasi Rusia.

Baca Juga: Sejuta Orang Ukraina Tinggalkan Rumah, PBB UNHCR Sebut Pengungsian Terbesar di Abad 21

''Pada sore hari ini sekitar pukul 17.10 WIB, pesawat Garuda Indonesia yang membawa pulang warga negara Indonesia dari Ukraina telah mendarat di Tanah Air,'' kata Retno dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube MoFA Indonesia, Kamis, 3 Maret 2022.

Menurut Retno, 80 warga negara Indonesia dan tiga warga negara asing, merupakan keluarga dari WNI berada di dalam rombongan yang dievakuasi dari Ukraina.

Retno menerangkan, pesawat yang ditumpangi warga negara Indonesia itu sebelumnya berangkat dari Jakarta untuk melakukan penjemputan melalui Bandar Udara Internasional Henri Coanda, Bucharest.

Baca Juga: Satpol PP Kota Semarang Bersih Bersih Penyakit Masyarakat Jelang Ramadan, 21 PSK Jalanan Dijaring

Ia juga menjelaskan, pesawat penjemput itu kemudian kembali diberangkatkan dari Bucharest menuju Jakarta pada pukul 20.23 waktu setempat atau 5,5 jam setelah mendarat.

''Rute perjalanan yang ditempuh yaitu dari Bucharest ke Madinah, baru terbang ke Jakarta dengan waktu tempuh kurang lebih sekira 17 jam,'' ungkap Retno.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X