Sejuta Orang Ukraina Tinggalkan Rumah, PBB UNHCR Sebut Pengungsian Terbesar di Abad 21

- Kamis, 3 Maret 2022 | 17:42 WIB
Para pengungsi Ukraina saat Rusia melakukan invasi. /Dok Istimewa/
Para pengungsi Ukraina saat Rusia melakukan invasi. /Dok Istimewa/

KIEV, suaramerdeka-wawasan.com - Badan Pengungsi PBB UNHCR menyatakan, hingga saat ini lebih dari sejuta orang Ukraina mengungsi, sejak Rusia melakukan invasi sepekan lalu.

Dihimpun dari berbagai sumber, jumlah pengungsi yang dikeluarkan PBB sejauh ini merupakan terbesar di abad ke-21. Sebab, lebih dari 2 persen warga Ukraina sudah meninggalkan rumahnya.

Seperti diketahui, menurut perkiraan Bank Dunia pada akhir tahun 2020, jumlah populasi di Ukraina secara keseluruhan adalah 44 juta orang.

Baca Juga: Satpol PP Kota Semarang Bersih Bersih Penyakit Masyarakat Jelang Ramadan, 21 PSK Jalanan Dijaring

UNHCR juga memprediksi, secara keseluruhan nantinya akan ada sekitar 4 juta orang yang akan meninggalkan Ukraina, namun jumlah itu bisa saja lebih tinggi lagi.

''Data kami menunjukkan, bahwa angka 1 juta sudah dilewati pas tengah malam di Eropa Tengah, berdasarkan penghitungan yang dilakukan beberapa negara,'' kata juru bicara UNHCR Joung-ah Ghedini-Williams lewat email.

Sementara itu di Twitter, Komisioner UNHCR Filippo Grandi menulis: ''Dalam waktu hanya tujuh hari, kita sudah melihat pergerakan satu juta pengungsi dari Ukraina ke negara-negara tetangga.''

Baca Juga: Bus Angkut Rombongan Siswa Asal Kudus Tabrak Tebing di Purbalingga, Kondekturnya Meninggal dan 21 Luka

Filipo Grandi sudah menyerukan, agar bunyi senjata dihentikan di Ukraina sehingga bantuan kemanusiaan akan bisa mencapai jutaan warga yang masih berada di sana.

Pernyataan bahwa, ini adalah krisis pengungsian terbesar sejauh ini pada abad ke-21 menunjukkan kekhawatiran yang diperlihatkan oleh badan PBB seperti UNHCR dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X