Diduga Jadi Korban Tindak Pidana Perdagangan Orang, Dua WNI Diselamatkan oleh KJRI di Kuching

- Selasa, 1 Maret 2022 | 23:03 WIB
Ilustrasi tindak perdagangan orang. /Dok cops.usdoj.gov/
Ilustrasi tindak perdagangan orang. /Dok cops.usdoj.gov/

KUCHING, suaramerdeka-wawasan.com - KJRI (Konsulat Jendral Republik Indonesia) di Kuching, menyelamatkan dua orang WNI (Warga Negara Indonesia) dari kasus perdagangan manusia.

Koordinator Fungsi Pensosbud KJRI Kuching, Edelin mengatakan, dua WNI yang diduga menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) bernama Epa (18) asal Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat; dan dan Sonaji (42), dari Kabupaten Tangerang, Banten.

''Epa mengaku telah ditipu oleh orang bernama Yusrianto, yang berjanji akan menikahinya dan mengaku memiliki tabungan banyak di bank,'' jelas Edelin dalam keterangan persnya, Selasa, 1 Maret 2022.

Baca Juga: Terjebak di Ajang Pertempuran Darat, Sebanyak 13 WNI Belum Bisa Dievakuasi dari Ukraina Utara

Epa, kata Edelin lagi, kemudian diajak oleh tersangka pelaku aksi kejahatan itu untuk jalan-jalan ke objek wisata di daerah Temajuk, Sambas, pada 21 November 2021 lalu.

''Yang bersangkutan mengikuti ajakan pelaku. Namun, ternyata tidak dibawa jalan-jalan ke objek wisata Temajuk seperti yang dijanjikan sebelumnya, melainkan dibawa ke daerah Jagoi Babang, Bengkayang, perbatasan dengan Serikin, Sarawak,'' papar Edelin.

Dikatakan, Epa kemudian dibawa oleh tersangka menuju agen di Kuching, dan selanjutnya dibawa ke Bintulu untuk bekerja di sebuah pabrik kayu di wilayah Bintulu, Sarawak.

Baca Juga: Petinju Hero Tito hingga Kini Masih Koma, Alami Pendarahan Otak saat Tarung Lawan James Mokoginta

''Pada tanggal 26 Januari 2022, Tim KJRI Kuching menjemput Epa di sebuah tempat penginapan di wilayah Serian, dan kondisi yang bersangkutan baik. Selanjutnya, dia dibawa ke shelter KJRI Kuching dan diproses kepulangannya ke Indonesia,'' jelasnya.

Sementara itu korban TTPO atas nama Sonaji, Edelin mengatakan, pada pertengahan Desember 2021 mengaku mendapatkan informasi tawaran pekerjaan di Facebook dari seorang agen bernama Diki Acil, yang menawarkan pekerjaan di Sarawak, Malaysia.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Breaking News. Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 00:59 WIB
X