Tak Beri Teladan Prokes kepada Masyarakat saat Kasus Covid 19 Tinggi, Mendagri Hong Kong Dipecat

- Senin, 28 Februari 2022 | 19:01 WIB
Menteri Dalam Negeri Hong Kong, Tsui Ying-wai. /China News Service/Li Zhihua/
Menteri Dalam Negeri Hong Kong, Tsui Ying-wai. /China News Service/Li Zhihua/

HONG KONG, suaramerdeka-wawasan.com - Kasus Covid-19 yang masih tinggi di Hong Kong, membuat Pemerintah China mengambil langkah tegas terhadap pejabat, yang dinilai lalai menanggulangi wabah pandemi.

Dikutip dari berbagai sumber, Dewan Negara China memecat Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Wilayah Administratif Hong Kong (HKSAR) Tsui Ying-wai, yang dinilai tak memberikan teladan kepada masyarakat untuk mematuhi prokes.

Keputusan itu diambil Dewan Negara China di Beijing pada 24 Februari 2022, dengan mempertimbangkan Undang-Undang Dasar China untuk HKSAR, dan saran dari Kepala Eksekutif HKSAR, Carrie Lam.

Baca Juga: Dukung Anak Penderita Kanker, Kapolrestabes Semarang dan Dandim 0773 BS juga Berani Gundul

Tsui Ying-wai dianggap melanggar prokes antipandemi, karena menghadiri pesta ulang tahun ke-53 Witman Hung Wai-man, anggota Kongres Rakyat Nasional China (NPC) dari Hong Kong.

Tsui Ying-wai, sempat mengajukan permohonan diri beberapa jam sebelum pemerintah HKSAR mengumumkan hasil investigasi terhadap dirinya pada 31 Januari 2022.

Ia juga mengaku, gagal memberi contoh dalam melawan Covid-19 di negaranya.

Baca Juga: Lagi Lagi Angin Puting Beliung Terjang Kabupaten Jepara, Seratusan Rumah Warga di Tiga Desa Alami Kerusakan

''Sebagai salah satu pejabat utama yang memimpin dalam perang anti-epidemi, saya belum memberikan contoh terbaik selama wabah baru-baru ini. Saya telah mengajukan pengunduran diri saya,'' katanya.

Tsui menghadiri pesta ulang tahun Witman Hung, seorang wakil Hong Kong untuk Kongres Rakyat Nasional China pada 3 Januari 2022 lalu.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Breaking News. Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 00:59 WIB
X