KBRI Kuala Lumpur Fasilitasi Kepulangan Tujuh WNI Bermasalah, 4 di Antaranya Anak yang Ibunya Dideportasi

- Kamis, 17 Februari 2022 | 06:22 WIB
Para WNI yang difasilitasi kepulangannya ke Indonesia oleh KBRI Kuala Lumpur melalui Pelabuhan Stulang Laut, Malaysia, menggunakan kapal ferry ke Batam. /Dok KBRI Kuala Lumpur/
Para WNI yang difasilitasi kepulangannya ke Indonesia oleh KBRI Kuala Lumpur melalui Pelabuhan Stulang Laut, Malaysia, menggunakan kapal ferry ke Batam. /Dok KBRI Kuala Lumpur/

Kuala Lumpur, suaramerdeka-wawasan.com - Lagi-lagi, KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) Kuala Lumpur fasilitasi kepulangan WNI (Warga Negara Indonesia) yang mengalami masalah selama menjadi PMI (Pekerja Migran Indonesia) di Malaysia.

Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Kuala Lumpur, Yoshi Iskandar mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) Johor Bahru, Malaysia, memulangkan tiga wanita PMI dan empat anak WNI melalui Pelabuhan Stulang Laut menggunakan kapal ferry tujuan Batam.

''Upaya ini merupakan respons cepat KBRI Kuala Lumpur, terhadap pengaduan dari WNI yang menjadi PMI, terkait kasus yang mereka alami,'' ungkap Yoshi di Kuala Lumpur dalam keterangan persnya kepada wawasan.suaramerdeka.com, Kamis, 17 Februari 2022.

Baca Juga: Ingin Susul Timnas Putri Lolos ke Semifinal, Timnas Putra Akan Turunkan Formasi Terbaik Lawan Korea Selatan

Menurut dia, mereka mengalami masalah sejak awal Januari 2022, antara lain permasalahan keluarga, anak telantar, dan perawatan bagi PMI yang menderita diabetes akut.

Sebelum pemulangan ini, kata Yoshi, KBRI Kuala Lumpur telah menampung para WNI yang menjadi PMI di Malaysia tersebut di shelter, sambil mengupayakan penyelesaian kasus mereka.

Selain itu, tambahnya lagi, KBRI Kuala Lumpur juga memfasilitasi pembuatan dokumen kewarganegaraan berupa Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) dan Surat Bukti Pencatatan Kelahiran (SPBK) bagi anak-anak, tes PCR, serta pembiayaan kepulangan ke Indonesia.

Baca Juga: Diduga Bunuh Diri Melompat dari Lantai 8, Model Novi Amelia Ditemukan Tewas di Apartemen Kalibata City

Dikatakan Yoshi, dari tujuh orang WNI Kelompok Rentan tersebut, terdapat dua orang anak kakak beradik yaitu D dan J berusia 7 dan 5 tahun, yang berdasarkan keputusan Mahkamah Kanak-kanak Ampang, Selangor, diserahkan kepada KBRI Kuala Lumpur.

Kedua anak itu, menurut Yoshi, sempat dititipkan di Rumah Perlindungan Kanak-Kanak (RKK) Tengku Budriah, Cheras. ''Kami mau ketemu mami,'' kata Yoshi, mengutip ucapan anak itu yang merindukan orangtuanya, ketika bertemu di shelter KBRI Kuala Lumpur.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Breaking News. Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 00:59 WIB
X