Korea Utara Tolak Budaya K-Pop. Kim Jong Un : Virus Perusak Generasi Muda

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 10:09 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. /KCNA via Reuters
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. /KCNA via Reuters

KOREA UTARA, suaramerdeka-wawasan.com-Budaya K-Pop yang melanda para remaja di Korea Utara dianggap merusak generasi muda di Korea Utara. Karena pemuda yang berbudaya K-Pop cara berpakian, model rambut, pidato dan prilakunya tidak sopan.

Maka tak heran kalau Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un baru-baru ini menyebut K-Pop sebagai 'kanker ganas' atau virus yang berpotensi merusak pemuda Korea Utara.

Menurut media pemerintah Korea Utara jika K-Pop dan bentuk-bentuk hiburan Korea Selatan lainnya dibiarkan maka dapat membuat Korea Utara 'hancur seperti dinding yang lembab', dikutip dari Sputnik News, Sabtu, 12 Juni 2021.

Baca Juga: Amerika Beli 500 Juta Dosis Vaksin untuk Disumbangkan ke 100 Negara Berpenghasilan Menengah ke Bawah

Sentimen anti-K-Pop dari Kim Jong Un bukanlah hal baru. April 2021 lalu ia menganggap ada 'perubahan serius dalam keadaan ideologis dan mental para pemuda Korea Utara.

Undang-undang baru anti K-Pop ini akan menghukum pemuda Korea Utara 15 tahun kerja paksa jika tertangkap basah menonton hiburan Media Korea Selatan.

"pemuda Korea Utara berpikir mereka tidak berhutang apapun kepada Kim Jong Un," kata Jung Gwang Il, seorang pembelot dari Korea Utara.

Pemerintah Korea Selatan juga telah memberlakukan denda dan hukuman penjara bagi mereka yang tertangkap mengirimkan materi kritis terhadap pemerintah Korea Utara melintasi perbatasan.

Hiburan dari Korea Selatan telah lama diselundupkan melintasi perbatasan, dari kaset hingga CD VHS dan sekarang melalui flash drive (FD) dari China, melewati sensor media serta internet ke Korea Utara.

Kim Jong-un telah memerintahkan pemerintahnya untuk menekan invasi budaya, yang diklaim dapat merusak 'pakaian, gaya rambut, pidato, perilaku' para pemuda Korea Utara.

Editor: Kusmiyanto

Sumber: PikiranRakyat.com

Tags

Terkini

Gempa Turki, Sejarah dan Penyebabnya

Senin, 6 Februari 2023 | 21:04 WIB

Breaking News. Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Jumat, 9 September 2022 | 00:59 WIB
X