JPU Kejari Serang Tolak Permohonan Penangguhan Penahanan Nikita Mirzani

- Minggu, 30 Oktober 2022 | 22:52 WIB
Nikita Mirzani
Nikita Mirzani

SERANG, suaramerdeka-wawasan.com - Jaksa Penuntut Umum Kejari Serang (JPU) menolak permohonan penangguhan penahanan artis Nikita Mirzani.

Perlu diketahui, Nikita Mirzani, tersangka kasus pencemaran nama baik, telah mengajukan permohonan penangguhan ke Kejari Serang melalui kuasa hukumnya, Fachmi Bahmid.

Kepala Kejari Serang, Freddy D Simanjuntak menyebut, penolakan permohonan penangguhan penahanan Nikita Mirzani didasari berbagai pertimbangan. Salah satunya, kasus ini sudah penyerahan tahap II.

Baca Juga: Lolos dari Rutan Polisi, Nikita Mirzani Akhirnya Meringkuk di Rutan Kejaksaan

"Tahap penyidikan sampai Tahap II. Itu juga yang menjadi salah satu alasan bagi JPU, sehingga penangguhan penahanan tidak dikabulkan oleh JPU," ujar Freddy, Minggu, 30 Oktober 2022 seperti dikutip PMJNews.

Alasan lainnya, lanjut Freddy, JPU khawatir Nikita Mirzani melarikan diri dan mengulangi perbuatannya lagi. Dasar yang digunakan yaitu Pasal 21 ayat 1 KUHP.

"Alasan lainnya sesuai pasal subyektif, melarikan diri atau mengulangi perbuatannya," ujarnya.

Fachmi Bahmid sendiri mengungkapkan, permohonan penangguhan penahanan terhadap Nikita Mirzani tersebut merupakan hak seseorang yang ditahan.

Baca Juga: Nikita Mirzani Tidak Ditahan Polisi. Ini Alasannya

"Sebagaimana proses hukum bahwa setiap ada yang ditahan kami harus mengajukan permohonan penangguhan penahanan dan sudah kami sampaikan dengan Kajari dan ketemu dengan Kasi Pidum," ungkap Fachmi kepada wartawan di Kejari Serang, Kamis, 27 Oktober 2022.

Padahal Fachmi sudah memberikan jaminan kalau wanita yang akrab disapa Nyai itu tidak akan melarikan diri serta kooperatif menjalani proses hukumnya.

Namun Fachmi menegaskan, permohonan penangguhan penahanan itu bukan sebagai bentuk pengakuan kesalahan dari kliennya dalam kasus yang dilaporkan oleh Dito Mahendra.

"Salah satu pertimbangannya anak. Yang kedua bahwa barang bukti sudah diserahkan semua ke jaksa.’’

‘’Dan yang paling terpenting dia adalah seorang ibu dengan tiga orang anak dan dia tulang punggung dari keluarga, dia enggak mungkin kemana-mana," ujar Fahmi Bachmid, pengacara Nikita Mirzani, di Rutan Klas IIB Serang, Kamis, 27 Oktober 2022.

Baca Juga: Polda Banten: Nikita Mirzani Ditangkap Secara Persuasif dan Sesuai Prosedur

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X