14 Anak Rambut Gimbal Diruwat di DCF 2022, Permintaannya Bikin Para Wisatawan Tertawa

- Minggu, 4 September 2022 | 11:45 WIB
Ribuan wisatawan antusias menyaksikan ruwatan potong rambut gimbal di Dieng Culture Festival 2022 yang digelar di Kompleks Candi Arjuna, dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara. /Dok Istimewa/
Ribuan wisatawan antusias menyaksikan ruwatan potong rambut gimbal di Dieng Culture Festival 2022 yang digelar di Kompleks Candi Arjuna, dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara. /Dok Istimewa/

BANJARNEGARA, suaramerdeka-wawasan.com - Dieng Culture Festival (DCF) 2022, yang digelar 2-4 September 2022 di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, benar-benar menjadi magnet bagi wisatawan.

Tak hanya gelaran musik Qris Jazz Atas Awan, Festival Lampion, namun juga ritual unik cukur rambut gimbal yang digelar di kompleks Candi Arjuna, dibanjiri ribuan wisatawan.

Tahun ini, ada 14 anak berambut gimbal yang mengikuti ruwatan, sekaligus tercatat dalam rekor MURI cukur rambut gimbal terbanyak, pada Sabtu, 3 September 2022.

Baca Juga: Deny Caknan Mampu Hangatkan Dinginnya Kawasan Dieng, Penonton Goyang di Qris Jazz Atas Awan

Anak-anak berambut gimbal, yang mengenakan pakaian serba putih, awalnya mengikuti kirab keliling desa, mulai dari kantor Balai Desa Dieng Kulon menuju kompleks Candi Arjuna.

Tak urung, saat berlangsung kirab itu, anak rambut gimbal terus mencuri perhatian wisatawan. Mereka pun melambaikan tangan kepada wisatawan dari atas kereta kencana.

Ketua Panitia DCF 2022, Alif Fauzi menjelaskan, ada 14 anak mengikuti ruwat cukur rambut gimbal, merupakan jumlah terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Sekeluarga Kecelakaan di Tol Boyolali, Tiga Penumpang Tewas dan Empat Orang Mengalami Luka

''Makanya ini juga ada rekor MURI dengan jumlah ruwat cukur rambut gimbal terbanyak,'' kata Alif, usai prosesi ruwatan.

Rencananya, kata dia, tahun ini ada 15 anak yang diruwat pada gelaran DCF, tapi usai mengikuti kirab, salah satu anak rambut gimbal mendadak belum siap untuk dicukur.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X