Umat Muslim Dianjurkan Puasa Tasu'a dan Puasa Asyuro. Seperti Apa dan Bagaimana Kisahnya?

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 13:07 WIB
ilustrasi beribadah (pixabay/konevi)
ilustrasi beribadah (pixabay/konevi)

SUARAMERDEKA-WAWASAN.COM – Tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah baru saja berlalu. Di bulan Haram atau bulan penuh dengan kebaikan ini, banyak amalan yang bisa dijalankan.

Salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan adalah puasa Asyura atau puasa 10 Muharram. Keutamaan puasa Asyura perlu dilakukan umat Islam, mengingat keistimewaannya puasa di hari tersebut.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW: "Dan puasa di hari Asyura saya berharap kepada Allah agar dapat menghapuskan (dosa) setahun yang lalu." (HR Muslim).

Baca Juga: Besok Malam 1 Suro atau 1 Muharam 1444 Hijriyah. Dianjurkan Baca Doa Awal dan Akhir Tahun

Riwayat lain dari Abu Qatadah RA: "Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura ( 10 Muharam) menghapuskan dosa setahun yang lepas," (H.R. Muslim).

Jadi, meski puasa sunah, namun pahala puasa ini sangatlah luar biasa, sehingga sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Levelnya sama dengan puasa Arofah yang baru saja kita kerjakan pada 9 Dzulhijah lalu.

Ulama ahli fiqih dan pakar hadis kelahiran Samarkand (Uzbekistan), Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) dalam kitabnya Tanbihul Ghafilin, meriwayatkan banyak keutamaan puasa Asyura, sehingga dilakukan bukan saja oleh umat islam, tetapi oleh nabi-nabi dan pengikut nabi-nabi terdahulu.

Dari banyak literatur tentang puasa Asyura di masa sebelum nabi kebanyakan dilakukan sebagai ungkapan syukur atas karunia Allah yang luar biasa.

Namun di era Islam atau di Era Nabi Muhammad SAW, puasa Asyura bukan sekedar puasa syukur, tetapi juga mencari ridho pahala kepada Allah.

Di kitab Tanbihul Ghafilin itu diceritakan sebuah peristiwa yang diriwayatkan oleh Said bin Jubair dari Ibn Abbas RA berkata: Suatu ketika Nabi Muhammad SAW baru hijrah ke Madinah, mendapatkan kaum Yahudi puasa pada hari Asyura, maka beliau bertanya kepada mereka tentang itu.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Yuk Simak Tips Melakukan Rafting Bagi Para Pemula

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:05 WIB
X