Jelang Malam 1 Suro. Ini Lima Tempat yang Bisa Anda Kunjungi

- Rabu, 27 Juli 2022 | 09:38 WIB
New Gunung Kemukus
New Gunung Kemukus

SUARAMERDEKA-WAWASAN.COMMalam 1 Suro atau 1 Muharam bagi masyarakat Jawa, dianggap salah satu malam penting dalam ritual Kejawen. 1 Suro bahkan sering dihubung-hubungkan dengan kesan wingit dan kebangkitan mahluk astral.

Namun tak kurang juga yang menganggap, 1 Suro sebagai hari baik, dimana ini merupakan malam yang baik untuk memanjatkan doa.

Makanya, orang Jawa seringkali menjadikan malam 1 Suro sebagai malam untuk menyepi memohon keberkahan memanjatkan  doa untuk meminta apapun.

Baca Juga: Lestarikan Tradisi Budaya Lokal, Para Petani Desa Laban Kendal Gelar Tasyakuran Tingkeban

Nah karena inilah, pada malam 1 Suro ini orang Jawa, selalu mencari tempat sepi untuk memanjatkan doa, atau sekedar melakukan instropeksi diri di tempat sepi alias menyepi.

Di Jawa, baik itu Jawa Barat, Jawa Tengah maupun Jawa Timur, bahkan DKI Jakarta, banyak tempat yang sering digunakan untuk menyepi, atau sekedar menikmati malam 1 Suro. Berikut lima tempat menikmati malam 1 Suro di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

1.Gunung Kemukus, Sragen, Jawa Tengah

Sebenarnya, Gunung Kemukus dijadikan tempat ritual Malam 1 Suro karena adanya Makam Pangeran Samudro, sehingga banyak orang datang ke gunung ini. Tetapi kemudian muncul ritual sex di gunung kemukus yang kemudian membuat tempat ini menjadi ramai.

Sekarang, setiap 1 Suro digelar buka luwur atau ritual mencuci tirai penutup makam Pangeran Samodro di kompleks wisata Gunung Kemuskus, Pendem, Sumberlawang, Sragen, Jawa tengah.  

Ritual ini kemudian diikuti oleh acara Nglarap Slambu. Ritual ini adalah ritual mengambil Air bekas jamasan atau cucian slambu.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Yuk Simak Tips Melakukan Rafting Bagi Para Pemula

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:05 WIB
X