Seniman Tak Pernah Pensiun. Mbah Ngatman (77 Th) dari Dalang ke Pengrajin Wayang

- Senin, 18 Juli 2022 | 20:29 WIB
Mbah Ngatman, dalang yang beralih profesi sebagai pengrajin wayang
Mbah Ngatman, dalang yang beralih profesi sebagai pengrajin wayang

BLORA, suaramerdeka-wawasan.com – Seniman itu profesi yang tak pernah mengenal kata pensiun. Setidaknya, itu yang dibuktikan oleh Ki Ngatman (77) atau mbah Ngatman.

Pria, warga RT 01/RW 02 Desa Sogo, Kecamatan Kedungtuban, Blora itu, dulunya adalah dalang wayang kulit, dari tahun 1966 – 2000.

Karena sudah tua, ia memilih untuk berhenti untuk mendalang. Tetapi bukan pensiun, dan tidak jauh-jauh dari dunia perwayangkulitan yaitu kini ia lebih menekuni dunia melukis, mengukir atau membuat wayang.

Baca Juga: Sophia Latjuba Tetap Cantik di Usia Tua, Warganet: Surga Lagi Kosong, Malaikatnya Turun ke Bumi

Meski sudah 77 tahun, ia masih terampil memainkan sungging untuk membuat hiasan dinding wayang kulit.

“Saya itu dahulu dalang wayang kulit. Tahun 1966 sudah laris sampai tahun 2000, sekarang sudah tua, menekuni membuat hiasan dinding wayang saja, dan menerima jasa perbaikan wayang kulit,” ungkapnya di laman resmi Pemprov Jateng.

Meskipun kala itu dirinya laris dengan tanggapan wayang kulit, baik orang punya hajat atau peringatan hari besar tertentu, Ngatman mengaku dirinya tidak memiliki wayang dan gamelan sendiri.

“Tidak punya wayang sendiri. Kalau ada tanggapan, pinjam atau sewa wayang lengkap, dengan pakeliran serta gamelan, juga panjak (penabuh gamelan Jawa) serta sinden,” ungkapnya lirih.

Tetap Berkarya

Berbekal keterampilan yang dimiliki sejak remaja, Ngatman masih berkarya dan menerima pesanan membuat hiasan dinding wayang kulit, sesuai tokoh dan karakter pewayangan.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Yuk Simak Tips Melakukan Rafting Bagi Para Pemula

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:05 WIB
X