Hepatitis Akut Selain Menyerang Anak juga Orang Dewasa, Ini Penjelasan Pencegahannya agar Tak Tertular

- Rabu, 11 Mei 2022 | 21:17 WIB
Ilustrasi penyakit hepatitis. /Pixabay/
Ilustrasi penyakit hepatitis. /Pixabay/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Penyebaran hepatitis akut yang menyerang anak-anak di beberapa negara dan belum diketahui penyebabnya, juga berpotensi dialami oleh orang dewasa.

Demikian dikatakan Kepala Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSPI (Rumah Sakit Penyakit Infeksi) Sulianti Saroso Jakarta, Titi Sundari, dalam webinar di Jakarta pada Rabu, 11 Mei 2022.

Titi pun memberikan peringatan kepada orang dewasa maupun lanjut usia, karena juga berpotensi tertular hepatitis akut.

Baca Juga: Aturan Terbaru Terkait Prokes Selama PTM di Sekolah, Begini Penjelasan Sekjen Kemendikbud Ristek

''Dari kasus-kasus yang ada di dunia terjadi pada anak umur satu bulan sampai 16 tahun, tapi sebenarnya bisa mengenai ke semua usia, bila berhubungan dengan pasien hepatitis akut,'' jelas Titi.

Walau begitu, dia menjelaskan, kasus hepatitis akut hingga saat ini baru dilaporkan terjadi pada anak-anak, dengan rentang usia anak yang terkena penyakit beragam, mulai dari usia satu bulan hingga 16 tahun.

''Dari kasus-kasus yang ada di dunia itu terjadi pada anak umur satu bulan sampai 16 tahun, tapi sebenarnya bisa mengenai semua usia bila berhubungan dengan pasien hepatitis akut ini,'' paparnya.

Baca Juga: PMK pada Hewan Ternak Cepat Menyebar, Menteri Pertanian: Tidak Berbahaya bagi Kesehatan Manusia

Titi pun memberikan penjelasan, mengenai pencegahan agar tidak tertular hepatitis akut, yaitu salah satunya tindakan pencegahan terbaik adalah dengan menjaga kebersihan tangan.

Ia menyarankan, kepada masyarakat agar lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, yang bisa membuat kuman mati dan menjadi tindakan pencegahan termudah.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Yuk Simak Tips Melakukan Rafting Bagi Para Pemula

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:05 WIB
X