Kampanye Kebersihan Lingkungan di Laut, Tiga WNA Berenang Seberangi Karimunjawa ke Daratan Jepara

- Minggu, 8 Mei 2022 | 19:44 WIB
Tiga WNA yang berenang menyeberangi Karimunjawa ke Jepara pada Sabtu, 7 Mei 2022. /Dok Ocean View/
Tiga WNA yang berenang menyeberangi Karimunjawa ke Jepara pada Sabtu, 7 Mei 2022. /Dok Ocean View/

JEPARA, suaramerdeka-wawasan.com - Tiga orang WNA (Warga Negara Asing) berhasil menyeberang dari Pulau Karimunjawa ke daratan Jepara dengan cara berenang selama sekitar 47 jam pada Minggu, 8 Mei 2022.

Ketiga orang WNA tersebut yaitu Gentiel Guillen asal Swedia, Lorenz Gillen dari Belgia, dan Khalid Mahalatti asal Denmark, mulai start dari Pantai Bobby Karimunjawa pada Jumat, 6 Mei 2022 sekira pukul 14.00 WIB.

Kondisi tubuh ketiga orang WNA itu masih terlihat cukup bugar, saat mendarat di bibir Pantai Tegal Sambi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, pada Minggu, 8 Mei 2022 sekira pukul 12.46 WIB.

Baca Juga: Kurangi Kemacetan, Sekitar 424 Orang Balik Rantau Gratis Dilepas Sekda Jateng Naik KA Tawang Jaya

Jika dihitung, ketiganya berenang dengan menempuh jarak 90 kilometer atau sekitar 70 mil laut. Sehingga, mereka menyebut aksinya sebagai '90 Kilometer Java Sea Swim'.

Untuk menempuh jarak 90 kilometer itu, prediksi awal ketiga perenang tersebut adalah 50 jam. Namun, ternyata baru 47 jam mereka sudah bisa sampai ke garis finish.

''Di luar ekspektasi. Tiga jam lebih cepat dibanding prediksi awal,'' kata Gentiel Gillen.

Baca Juga: Dibanding Sebelum Pandemi, Lebaran 2022 Catat Rekor Arus Balik Lalin Tertinggi di Jalan Tol

Ia menyebut, proses renang dari Karimunjawa ke Jepara dilakukan secara estafet, setiap jarak lima kilometer sekali, saling bergantian.

Gillen menjelaskan, aksi renang tersebut dilakukan supaya masyarakat lebih sadar akan lingkungan, lantaran banyak sampah dari darat yang terbawa arus sampai ke tengah laut, dan menimbulkan pencemaran.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Yuk Simak Tips Melakukan Rafting Bagi Para Pemula

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:05 WIB
X