Gangguan Imunitas Tubuh Akibat Kegemukan, Hindari Pola Makan Berlebihan

- Rabu, 2 Juni 2021 | 06:54 WIB
Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi Pangan) Indonesia, Prof. Dr. Hardinsyah MS./dok.istimewa /
Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi Pangan) Indonesia, Prof. Dr. Hardinsyah MS./dok.istimewa /

SM Wawasan. Peringatan bagi penggemar makanan yang berlebihan. Pola makan yang berlebihan dan tidak teratur akan mengalami kegemukan.

Selain tidak untuk kesehatan, gaya hidup berfoya-foya, dengan makan tanpa ukuran akan mengganggu kesehatan dalam tubuh.

Berbagai kajian menunjukkan bhwa pola makanan berlebihan, akan mengakibatkan kegemukan. Tubuh yang gemuk akan meningkatkan resiko gangguan imunitas ( kekebalan tubuh).
gurangi imunitas.

Baca Juga: Tiap Selasa Pegawai Pemkot Semarang Dilarang Naik Kendaraan Pribadi, Melanggar Dikenai Sanksi

'' Kehilangan imunitas dalam tubuh sangat berbahaya. Semua Virus dengan mudah akan masuk ke dalam tubuh, termasuk virus demam berdarah,'' jelas Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof Dr Hardinsyah MS.

Dijelaskan Hardinsyah, selama Bulan Ramadhan kemarin, masyarakat sudah melatih pola makan sehat dan mampu mengontrol berat badan.

Masalahnya, kata Hardinsyah melanjutkan, setelah Ramadhan banyak masyarakat yang lepas kendali dalam mengonsumsi makanan.

"Belum lagi perilaku lainnya, seperti kurang tidur yang bisa memicu stres. Itu sangat bahaya karena memudahkan serangan virus corona," ucapnya.

Dr Hardinsyah mengungkapkan, Pergizi Pangan Indonesia terus mengkampanyekan gizi seimbang.

Saran Dr Hardinsyah, mengatur berat badan itu penting. Pilih makanan yang aman dan sehat, sesuai anjuran Kementerian Kesehatan.

Halaman:

Editor: Kusmiyanto

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

Svitolina-Monfils Menikah

Minggu, 18 Juli 2021 | 00:06 WIB
X