BRI Berkomitmen Terus Mengembangkan UMKM, Setelah Pertumbuhan Bisnis UMKM di tengah Inflasi ukup Bagus

- Minggu, 20 November 2022 | 10:13 WIB
Bazar Klaster pertandingan binaan BRI dirubung pembeli (dok)
Bazar Klaster pertandingan binaan BRI dirubung pembeli (dok)

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com – Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, Sunarso, menyampaikan, bahwa UMKM memiliki multiplier effect yang kuat terhadap perekonomian Indonesia.

Oleh karenanya, BRI berkomitmen akan terus fokus menumbuhkembangkan UMKM di tengah kenaikan inflasi saat ini melalui pemberdayaan dan pembiayaan yang komprehensif.

“Sebanyak 60,51% PDB Indonesia disumbangkan dari sektor UMKM dan hal itu yang menjadi perhatian kami untuk menjaga UMKM dapat tetap tumbuh menghadapi berbagai tantangan ekonomi, termasuk inflasi. BRI terus mengalokasikan resources yang dimiliki untuk memberdayakan dan menumbuhkembangkan UMKM,” jelasnya.

Baca Juga: Bersama Kemenkop UKM, BRI Perkenalkan Produk UMKM di Kancah Global Melalui Brings MSMEs Indonesia to the World

Sektor UMKM sejauh ini masih menunjukan pertumbuhan bisnis yang optimistis di tengah tantangan laju kenaikan kenaikan inflasi. Kondisi tersebut terpotret dalam Indeks Bisnis UMKM Kuartal III-2022 yang dirilis oleh

Petumbuhan positif bisnis UMKM kuartal III-2022 tergambar dari skor indeks bisnis UMKM yang berhasil meraih skor 103,2 atau dapat diinterpretasikan dalam fase optimis karena skor berada di atas level 100,0.

Survey ini sendiri melibatkan 7.090 responden UMKM yang tersebar disemua sektor ekonomi dan di 33 provinsi di Indonesia.

Sejumlah faktor menjadi penopang pertumbuhan bisnis UMKM pada kuartal III-2022. Pertama, Pandemi COVID-19 yang cenderung terkendali. Kedua, kegiatan tatap muka, baik work from office (WFO) dan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang semakin meningkat.

Ketiga, kebijakan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang ditempuh Pemerintah pada Agustus 2022 berimplikasi positif terhadap tekanan inflasi dan daya beli masyarakat sehingga omzet pelaku UMKM masih mampu meningkat.

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Apresiasi BRI yang Catat Laba Bersih Rp39,31 Triliun

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Fortune Indonesia, Referensi Berita Bisnis Anak Muda

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:58 WIB
X