Ditopang Rute Domestik, Trafik Penumpang dan Pesawat di Bandara A Yani Semarang Alami Kenaikan

- Rabu, 2 November 2022 | 19:39 WIB
Ilustrasi Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. /Dok Istimewa/
Ilustrasi Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mencatat, terjadi pertumbuhan sebesar 47 persen untuk pergerakan penumpang, dan 29 persen untuk pergerakan pesawat.

Stakeholder Relation Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Heri Trisno Wibowo mengatakan, pertumbuhan trafik penumpang dan pesawat itu terjadi sejak 1 Januari 2022 hingga 31 Oktober 2022.

''Dari pertumbuhan itu Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, telah melayani 1.273.898 penumpang dan 11.500 pesawat udara,'' papar Heri dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu, 2 November 2022.

Baca Juga: Ayah Tega Cabuli Anak Kandungnya hingga Hamil, Perbuatan Bejatnya Terbongkar saat Korban Keguguran

Menurut dia, sebelumnya catatan data pergerakan trafik pada periode yang sama tahun 2021, jumlah penumpang yang sudah dilayani adalah sebanyak 672.251 penumpang dan 8.193 pesawat.

Ia mengatakan, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat telah kembali melakukan perjalanan dengan pesawat udara. ''Artinya masyarakat sudah memperdayakan kembali perjalanan menggunakan pesawat,'' imbuhnya.

Heri menyebutkan, pertumbuhan pergerakan trafik baik penupang maupun pesawat udara di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, dipengaruhi oleh kembali beroperasinya dua rute penerbangan domestik.

Baca Juga: Kasus Covid 19 di Kota Semarang Naik Lagi, Plt Wali Kota Minta Vaksinasi Dosis Ketiga Digencarkan

Ia mengungkapkan, rute domestik tersebut adalah Semarang - Jakarta - Semarang dan Semarang - Batam - Semarang, sehingga saat ini total rute penerbangan yang ada di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang menjadi delapan rute.

''Kami optimistis, trafik angkutan udara akan terus tumbuh, dengan adanya beberapa rute perjalanan domestik yang kembali beroperasi, sehingga dapat memberikan lebih banyak pilihan bagi masyarakat,'' harapnya.

Dia juga menegaskan, pihaknya terus berkomitmen menerapkan protokol kesehatan, baik di area bandara maupun didalam pesawat, untuk menekan angka pertumbuhan Covid 19 yang saat ini mulai merangkak lagi seiring adanya varian baru.

Baca Juga: Loloskan Tujuh Petinju ke POPNas, Ketum Pengprov Pertina Jateng Apresiasi Kerja Keras Atlet dan Pelatih

''Kami selaku manajeman, terus berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, agar pengguna jasa dapat menggunakan transportasi udara untuk bepergian secara nyaman, aman, dan juga sehat,'' tutupnya.***

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Perluas Transaksi Digital, BRI Gandeng Oppo Indonesia

Kamis, 19 Januari 2023 | 07:04 WIB

Fortune Indonesia, Referensi Berita Bisnis Anak Muda

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:58 WIB
X