Pertalite Trending Setelah Dituding Kualitasnya Menurun. Pertamina Buka Suara

- Kamis, 22 September 2022 | 12:27 WIB
Perbedaan Pertalite dulu dan sekarang yang diunggah di twitter
Perbedaan Pertalite dulu dan sekarang yang diunggah di twitter

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com – BBM jenis Pertalite tiba-tiba kembali trending di twitter, ditengah demo kenaikan harga BBM.

Akun @Ferizan*** menulis: ‘’Pertamina menyatakan bahwa spesifikasi Pertalite gak berubah & kualitas Pertalite dijaga sebelum didistribusikan...’’

‘’Tapi faktanya banyak sekali para pemilik/pemakai kendaraan yang mengeluhkan kualitas Pertalite saat ini...’’

‘’Sebaiknya Pertamina melakukan uji laboratorium lagi...’’

Ferizan*** juga menunggah sebuah unggahan di FB milik nanjih Ibn Abdil ***eed. Ferizan*** menulis: ‘’Keluhan pengguna BBM Pertalite akhir2 ini... gak cuman pengemudi mobil, pengendara motor pun punya keluhan yang sama : bensin jadi lebih cepat habis meskipun jarak yang ditempuh kendaraan tetap sama, bahkan bensin berkurang (menguap...?) saat kendaraan gak dipakai...’’

Baca Juga: Jika Ada yang Potong BLT BBM untuk Masyarakat Tidak Mampu, Ganjar Sebut: Pengkhianat Negara!

Unggahan-unggahan ini mendapat banyak sekali respon dari netizen. Bahkan kemudian ada yang mengomentari lebih encer dll. Bahkan sempat pula ada akun @Zome*** yang memasukkan Pertalite lama sebelum naik dan sesudah naik dalam satu botol air mineral, dan hasilnya memang yang lama lebih pekat kehijauan.

Apa benar demikian? PT Pertamina (Persero) angkat suara soal ini. Pertamina menegaskan kualitas Pertalite (RON 90) tidak berubah.

Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

"Batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas yang menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP).’’ kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dalam keterangan tertulis, Rabu, 21 September 2022 seperti dikutip DetikFinance.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X