KKP Adakan Pertemuan Bilateral dengan China, Terkait Produk Ekspor Ikan yang Disebut Terpapar Covid-19

- Kamis, 24 Juni 2021 | 16:18 WIB
Ilustrasi ikan. /Pixabay/falco
Ilustrasi ikan. /Pixabay/falco

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - China menyebutkan bahwa produk ekspor perikanan yang dikirim ke Negara Tirai Bambu itu memiliki indikasi terpapar Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP, Rina.

"Kami menerima 20 notifikasi yang berasal dari 14 Unit Pengolahan Ikan (UPI) terkait temuan ini," kata Rina dikutip dari Antara.

Baca Juga: Terkait Covid-19, Warga Indonesia Dilarang Masuk Hong Kong Mulai 25 Juni 2021

Sebagai langkah untuk menindaklanjuti penemuan tersebut, pihak KKP pun mengadakan pertemuan bilateral dengan otoritas China.

"KKP telah mengadakan bilateral dengan otoritas GACC (General Administration Customs of the People's Republic of China)," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono.

Akibatnya dari penemuan China itu, ada 20 kasus yang dikembalikan ke Indonesia.

Baca Juga: Awas Terjerat PINJOL! Kenali Tujuh Ciri Rentenir Online Itu

Setelah 20 kasus tersebut dikembalikan ke Indonesia, pihak terkait pun langsung menginspeksi 14 UPI terkait dugaan produk perikanan tersebut terpapar Covid-19.

Selain itu, KKP juga mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan UPI memiliki prosedur yang tepat saat mengerjakan produk perikanan yang diekspor ke luar negeri.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X