Jaga Konektivitas Wilayah Indonesia, Kemenhub Imbau Maskapai Terapkan Harga Tiket Pesawat Terjangkau

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 19:07 WIB
Pesawat dari berbagai maskapai berada di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang. /Dok Istimewa/
Pesawat dari berbagai maskapai berada di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), mengimbau kepada maskapai agar menerapkan harga tiket pesawat yang terjangkau.

''Kami perlu menetapkan kebijakan ini, agar maskapai mempunyai pedoman dalam menerapkan tarif penumpang,'' kata Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Nur Isnin Istiartono dalam keterangannya, Sabtu, 6 Agustus 2022.

Imbauan itu, tertuang dalam Keputusan Menteri Nomor 142 Tahun 2022 tentang Besaran Biaya Tambahan (Surcharge) yang Disebabkan Adanya Fluktuasi Bahan

Baca Juga: Rayakan HUT Kemerdekaan RI, Penggowes WNI Keliling Beijing China Sejauh 77 Km

Bakar (Fuel Surcharge) Tarif Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri dan berlaku sejak tanggal 4 Agustus 2022.

Penerapan tarif maskapai yang terjangkau bagi para pengguna jasa penerbangan, harus dilakukan agar bisa menjaga konektivitas antara wilayah Indonesia dan kontinuitas pelayanan jasa transportasi udara.

Nur Isnin berharap, seluruh maskapai yang melayani rute penerbangan berjadwal dalam negeri, bisa menerapkan tarif penumpang yang lebih terjangkau.

Baca Juga: Tertabrak KA Argo Cheribon, Empat Penumpang Minibus Asal Brebes Meninggal di Lokasi

''Kemampuan daya beli masyarakat hingga kini masih belum pulih akibat Covid-19 namun kebutuhan masyarakat akan transportasi udara tetap harus diperhatikan,'' ujar Isnin.

Menurut dia, pemberlakukan tarif yang terjangkau, justru akan mendorong mobilitas masyarakat dalam melakukan perjalanan via udara.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X