Wamen Perdagangan Kunjungi Pasar Kota Kendal, Ternyata Harga Minyak Goreng Curah di Bawah HET

- Selasa, 19 Juli 2022 | 21:14 WIB
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga bersama Bupati Kendal, meninjau Pasar Kota Kendal  untuk memantau harga kebutuhan pokok, Selasa 19 Juli 2022. /Dok Istimewa/
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga bersama Bupati Kendal, meninjau Pasar Kota Kendal untuk memantau harga kebutuhan pokok, Selasa 19 Juli 2022. /Dok Istimewa/

KENDAL, suaramerdeka-wawasan.com - Ternyata sejumlah pedagang sembako di Pasar Kota Kendal, Jawa Tengah, malah bisa menjual minyak goreng curah di bawah HET (Harga Eceran Tertinggi) yang ditetapkan pemerintah.

Hal ini terungkap, ketika Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan RI Jerry Sambuaga berkunjung ke pasar tersebut pada Selasa, 19 Juli 2022, pedagang sembako menjual minyak goreng di bawah HET Rp15.500 per liter.

Jerry Sambuaga dalam kunjungannya yang didampingi Bupati Kendal Dico M Ganinduto, mengapresiasi para pedagang, bisa menjual minyak goreng di bawah HET, bahkan menyebutnya bisa menjadi percontohan daerah lain.

Baca Juga: Penyelidikan Polisi Terkait Penembakan Istri TNI, Senjata Pelaku Bisa Keluarkan Selongsong Peluru

Dalam kesempatan itu, Jerry Sambuaga, juga menyambangi sejumlah kios sembako, dan melakukan dialog dengan para pedagang terkait ketersediaan bahan pokok dan harga di pasaran.

Dia mengatakan, menekankan pada kebijakan pemerintah yang memberikan HET minyak goreng curah, namun hasil pantauan pedagang di Kendal justru menjual minyak goreng curah jauh di bawah HET pemerintah.

''Kami fokus pada minyak goreng curah dan pedagang di sini ternyata menjual di bawah HET cuma Rp12.500 per kilogram, berkat peran pemerintah daerah di Kendal yang bisa mengatur harga agar tidak melebihi HET.

Baca Juga: Tujuh Korban Kecelakaan Maut di Bekasi Diidentifikasi, Empat di Antaranya Dua Pasangan Suami Istri

Ini bisa menjadi contoh daerah lain di Jawa Tengah atau di Indonesia, sehingga tidak menjadi beban masyarakat,'' katanya.

Wamen Perdagangan yang juga berbelanja sembako mengatakan, ada beberapa komoditi yang naik dan turun, seperti cabai merah keriting sudah mengalami penurunan, bawang putih juga turun, termasuk harga bawang merah.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X