Harga Berbagai Komoditas di Jateng Naik, Ganjar Libatkan Kadin Jateng Bantu Tekan Laju Inflasi

- Selasa, 12 Juli 2022 | 12:21 WIB
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. /Humas Pemprov Jateng/
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. /Humas Pemprov Jateng/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta kepada pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng untuk turut serta menekan laju inflasi.

Hal ini, kata Ganjar, mengingat saat ini inflasi di Jateng cukup tinggi, dan operasi pasar telah dilakukan di beberapa daerah.

''Kadin saya minta untuk mereka langsung ke lapangan. Hari ini kita punya problem lingkungan bisnis sedang berubah luar biasa, sangat turbulensi, kemudian inflasi kita sudah berbahaya.

Baca Juga: Jemaah Haji Indonesia Pulang ke Tanah Air Harus Terapkan Prokes, Begitu Pula yang Menjemput

Kalau kita bicara nasional itu sudah 3 plus minus 1, ini sudah 4 dan artinya ini sudah merah zonanya,'' kata Ganjar usai menerima Pengurus Kadin Jateng di Rumah Dinas Puri Gedeh, Senin, 11 Juli 2022.

Ganjar menjelaskan, beberapa komoditas yang membuat inflasi termasuk volatile food sudah diketahui, di antaranya cabai, bawang merah, dan administer price yang juga membuat kenaikan harga komoditas.

Satu hal, kata dia, yang menjadi perhatian adalah kenaikan harga terjadi di tengah komoditas seperti cabai, bawang merah, telur ayam ras tengah surplus di Jawa Tengah.

Baca Juga: Dari Pengacara ke Pengacara, Iqklima Kim Ternyata Sempat Ditawari Jadi Istri Kedelapan Razman Arif

''Kita harus bisa menyesuaikan agar inflasi terkendali. Kadin kita minta terlibat, bagaimana kontrol cabai, siapa sih di industri itu. Bagaimana mengontrol bawang merah, siapa yang ada di industri itu,'' jelasnya.

Selain itu, Ganjar meminta, Kadin Jateng untuk mengevaluasi kebutuhan dunia dagang dan industri saat ini. Khususnya dalam menyikapi kondisi VUCA (volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) yang sedang terjadi.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X