Pasar Hewan di Klaten Kondisinya Lesu, Pedagang Tak Bawa Ternak Khawatir Ketularan PMK

- Rabu, 29 Juni 2022 | 16:33 WIB
Kondisi pasar hewan di Jatinom, Kabupaten Klaten, masih sepi. /Dok Istimewa/
Kondisi pasar hewan di Jatinom, Kabupaten Klaten, masih sepi. /Dok Istimewa/

KLATEN, suaramerdeka-wawasan.com - Meski pasar hewan di Kabupaten Sragen telah dibuka pada Rabu, 29 Juni 2022, tapi kondisinya tak seramai dibanding sebelumnya.

Bahkan, pasar hewan di Jatinom, Klaten, yang terhitung paling ramai, para pedagang yang dikenal dengan sebutan blantik, datang dengan tak membawa hewan ternaknya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemkab Klaten, Widiyanti, juga mengakui hari pertama pembukaan pasar sepi, padahal biasanya di Jatinom biasanya paling ramai.

Baca Juga: Seluruh Pasar Hewan di Kabupaten Klaten Dibuka Lagi Mulai 29 Juni 2022, Hewan Luar Daerah Dilarang Masuk

''Ini sepi dan kosong tidak ada yang membawa sapi. Mungkin pedagang dan peternak sudah tahu kondisinya sehingga memilih tidak transaksi di pasar,'' kata Widiyanti kepada wartawan di lokasi Rabu, 29 Juni 2022.

Dia mengungkapkan, biasanya ada ratusan ekor sapi atau hewan ternak yang diperdagangkan pasar hewan di Klaten, namun saat ini kondisi pasar hewan kosong.

''Di Jatinom biasanya 500 ekor tapi ini kosong. Semoga ini karena kesadaran, sebab saat PMK seperti saat ini sapi juga tidak boleh berkumpul,'' jelasnya.

Baca Juga: Aksi Santi di CFD Ditanggapi, Wakil Presiden Minta MUI Membuat Fatwa Pelegalan Ganja Medis

Biasanya di pasar hewan Jatinom, Klaten, pedagang dan peternak datang mulai pukul 07.00 WIB.

Namun saat itu, pedagang dengan sepeda motor hanya duduk berbincang di pasar hewan yang dijaga ketat polisi dan tim kesehatan hewan Pemkab Klaten.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X