UMKM Garda Terdepan Sektor Ekonomi Makin Tercekik, DPR : Perlu Perhatian Lebih dari Pemerintah

- Rabu, 16 Juni 2021 | 09:44 WIB
Ilustrasi UMKM. /Pixabay/TheUjulala
Ilustrasi UMKM. /Pixabay/TheUjulala

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com-Pandemi Covid-19 telah berdampak kepada sejumlah sektor, terutama sektor ekonomi yang semakin tercekik.

Bahkan, berdasarkan data BPS tahun 2020 sekitar 30 persen dari 64 juta pelaku UMKM di Indonesia berhenti beroperasi karena terpaan pandemi.

Data Kementerian Koperasi menyebut hanya sekitar 50 hingga 70 persen yang masih lanjut berusaha meski dengan tertatih.

Baca Juga: Kementrian Kesehatan Menyebut Perlu Diwaspadai Varian Delta Menyebar di Sekitar Wilayah Kudusa

Untuk itu, dibutuhkan perhatian sangat besar pada upaya mendukung pemulihan usaha para pelaku UMKM mengingat mereka adalah tulang punggung ekonomi negara.

Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah mengharapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk terus fokus mendukung pembiayaan dan pendampingan pelaku UMKM.

“Termasuk dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif harus sangat konsen pada upaya mendukung pemulihan ekonomi para pelaku UMKM ini,'' kata Ledia.

Baca Juga: Aturan PPKM Mikro Kembali Diterapkan di Seluruh Wilayah Indonesia, 15 Juni hingga 28 Juni 2021.

Meski memang dalam Rencana Kerja Pemerintah Tahun Anggaran 2022, telah memasukkan upaya memperkuat ketahanan ekonomi sebagai salah satu program Prioritas Nasional.

Yakni di antaranya adalah program Peningkatan Peran UMKM, yang implementasinya tersebar di banyak kementerian lembaga termasuk Kemenparekraf.

Halaman:

Editor: Kusmiyanto

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X