Kabar Gembira Nih, Buruh Rokok di Kabupaten Kudus Segera Terima Uang Bantuan DBHCHT

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 16:01 WIB
Ilustrasi uang. /Dok Istimewa/
Ilustrasi uang. /Dok Istimewa/

KUDUS, suaramerdeka-wawasan.com - Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disnakerperinkop-UKM) Kabupaten Kudus, telah melakukan verifikasi pada 63.728 buruh rokok.

Kepala Disnakerperinkop UKM Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati, mengatakan, buruh rokok sebanyak itu akan ditetapkan sebagai calon penerima BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2022.

Menurut Rini, pemberian BLT DBHCHT bagi buruh rokok sudah dua tahun ini dilakukan Pemkab Kudus.

Baca Juga: Tertib Berlalu Lintas di Jateng Masih Rendah, Empat Hari Operasi Patuh Candi 2022 Pelanggarannya Fantastis

''Program tersebut merupakan bagian dari program kegiatan pemanfaaatan DBHCHT sebagaimana diamanatkan dalam PMK Nomor 215 Tahun 2021,'' jelasnya dalam keterangannya pada Sabtu, 18 Juni 2022.

Ia mengatakan, sebanyak 30 persen dalam alokasi DBHCHT itu diperuntukkan bagi kesejahteraan pekerja sektor rokok dan tembakau.

Rini mengungkapkan, usai diverifikasi, data penerima akan diserahkan kepada Dinas Sosial P3AP2KB sebagai penyalur BLT dari DBHCHT.

Baca Juga: Dipantau Petugas Gabungan Setiap Hari, Pasar Hewan di Kabupaten Demak Tetap Diizinkan Buka

''Kami melakukan verifikasi kepada enam ribu pabrik rokok yang ada di Kudus. Hasilnya ada sebanyak 63.728 buruh rokok, yang datanya sudah kami serahkan ke Dinas Sosial,'' katanya.

Seperti diketahui, jumlah penerima BLT buruh rokok di Kabupaten Kudus pada tahun 2021 lalu, sebanyak 60.129 orang buruh rokok.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X