Emak Emak Ngeluh Nih! Meski Stok Melimpah, Harga Kebutuhan Pokok di Kota Semarang Naik

- Senin, 13 Juni 2022 | 18:04 WIB
Ilustrasi cabai dan bawang merah di pasar. /Dok Istimewa/
Ilustrasi cabai dan bawang merah di pasar. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Dinas Perdagangan Kota Semarang mencatat harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Kota Lunpia mengalami kenaikan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Nurkholis menyebutkan, kenaikan harga bahan kebutuhan pokok itu meliputi cabai, bawang merah dan bawang putih, serta daging ayam.

''Saat ini harga cabai terpantau pada kisaran Rp60 ribu sampai Rp85 ribu per kilogram,'' jelas Nurkholis dalam keterangannya pada Senin, 13 Juni 2022.

Baca Juga: Cegah Omicron Ba.4 dan BA.5, Presiden Jokowi Minta Akses Vaksin Booster Lebih Dipermudah

Sementara itu, katanya lagi, untuk harga bawang merah saat ini berkisar Rp50 ribu sampai Rp60 ribu, dan bawang putih pada kisaran Rp32 ribu sampai Rp35 ribu per kilogram.

''Paling tinggi harga cabai setan sampai Rp80 ribu, bahkan saat ini ada laporan sampai Rp85 ribu. Kalau ayam sudah dari kemarin-kemarin, sedang daging sapi masih stabil,'' bebernya.

Menurutnya, kenaikan sejumlah bahan kebutuhan pokok ini dipicu faktor cuaca, sehingga mempengaruhi total produksi komoditas seperti cabai dan bawang.

Baca Juga: BMKG Prediksi Pantai Selatan Jateng dan DIY Berpotensi Gelombang Tinggi, Masyarakat Diimbau Waspada

''Pancaroba mempengaruhi produksi. Kalau distribusi masih berjalan baik. Namanya juga faktor produksi itu ya gagal panen, biasanya sekian ton berkurang menjadi tidak maksimal,'' ungkapnya.

Dia mengungkapkan, hingga saat ini pemerintah belum perlu melakukan operasi pasar.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X