Kenaikan Harga Beberapa Komoditas pada Mei 2022, Picu Terjadinya Inflasi hingga 0,4 Persen

- Kamis, 2 Juni 2022 | 14:51 WIB
Ilustrasi komoditas telur ayam ras. /Dok Istimewa/
Ilustrasi komoditas telur ayam ras. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Inflasi pada Mei 2022 yang mencapai 0,4 persen, dipicu naiknya komoditas telur ayam ras, ikan segar, dan bawang merah.

Demikian dikatakan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Margo Yuwono, dalam konferensi pers di Jakarta pada Kamis, 2 Juni 2022.

Menurut dia, komoditas tersebut masuk dalam kelompok pengeluaran makanan, minuman dan tembakau, yang memberi andil terbesar dari 11 kelompok pengeluaran terhadap inflasi Mei.

Baca Juga: Tiga Pemancing Tersapu Banjir Bandang Sungai Kacangan di Kabupaten Purbalingga, Dua Orang Belum Ditemukan

''Penyumbang terbesar dari kelompok pengeluaran berasal dari kelompok makanan, minuman dan tembakau dengan andil 0,2 persen,'' jelas Margo dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, telur ayam ras merupakan penyumbang utama terjadinya inflasi secara keseluruhan, yaitu memiliki andil sebesar 0,05 persen.

Dia menyebutkan, hasil pemantauan BPS terhadap 90 kota, hal ini terjadi akibat kenaikan harga pakan ayam, dan tingginya permintaan karena kenaikan harga telur ayam ras di berbagai kota.

Baca Juga: Sempat Terhenti di Masa Pandemi, Kirab Dewa Obat di Kawasan Pecinan Kota Semarang Berlangsung Meriah

Ditambahkan, kenaikan harga ikan segar memiliki andil sebesar 0,04 persen, akibat cuaca buruk yang melanda di berbagai perairan di nusantara, sehingga banyak nelayan tak bisa melaut hingga menyebabkan suplai terbatas.

Margo Yuwono mengatakan, untuk bawang merah memberikan andil sebesar 0,04 persen, karena sedikitnya pasokan dari daerah sentra produksi dan belum pulihnya distribusi pasca Lebaran.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X