Emak Emak Senang Nunggu Ini, Harga Minyak Goreng Rp14.000 per Liter Seminggu hingga Dua Minggu Lagi

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 19:24 WIB
Ilustrasi minyak goreng kemasan. /Dok Istimewa/
Ilustrasi minyak goreng kemasan. /Dok Istimewa/

MAGELANG, suaramerdeka-wawasan.com - Presiden Joko Widodo berjanji, harga minyak goreng akan berada di kisaran Rp14 ribu per liter dalam waktu dekat ini.

Demikian dikatakan Jokowi saat acara Rakernas V relawan Projo di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Ngargogondo, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng pada Sabtu, 21 Mei 2022.

Ia pun mengakui, jika sebenarnya persoalan minyak gorang bukan hal yang mudah ditangani oleh pemerintah.

Baca Juga: Rakernas V Projo, Jokowi Minta Relawan Tak Tergesa Bahas Calon Presiden di Pemilu 2024

Jokowi beralasan, harga minyak goreng di Indonesia terdampak dari tingkat global.

''Minyak goreng ini bukan persoalan mudah. Sudah sejak awal Januari saya melihat naik, naik, naik, kenapa? Sama seperti harga pangan lain, karena harga internasionalnya tinggi,

harga globalnya tinggi, semua barang mengikuti, ketarik ke sana, karena harga minyak goreng terutama di Eropa, Amerika, naiknya tinggi,'' jelasnya dikutip dari Antara.

Baca Juga: Wah Penggemar Berat Kecewa Nih, Gala Dinner Bersama Miyabi di Jakarta Akhirnya Dibatalkan

Tak hanya itu, ia menekankan sudah beberapa kebijakan dilakukan untuk mendorong penurunan harga minyak goreng, namun harganya tetap naik, sehingga akhirnya diputuskan untuk menghentikan ekspor minyak goreng.

''Tapi itu juga kebijakan yang tidak mudah. Begitu disetop, harga TBS (Tandan Buah Segar) sawitnya jatuh, turun. Petani sawit, pekerja sawit, 17 juta orang. Negara ini dipikir gampang, tidak mudah,'' katanya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X