Penjualan Minyak Goreng Kemasan Sederhana HET Rp14.000 per Liter, Pemerintah Tunjuk Bulog

- Jumat, 20 Mei 2022 | 16:23 WIB
Ilustrasi minyak goreng. /Dok Istimewa/
Ilustrasi minyak goreng. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Pemerintah bakal menunjuk Perum Bulog untuk memasarkan minyak goreng dengan HET (Harga Eceran Tertinggi) Rp14 ribu per liter dalam bentuk kemasan sederhana.

Demikian dikatakan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers secara virtual pada Jumat, 20 Mei 2022.

''Pemerintah memberikan penugasan kepada Perum Bulog sebagai pengelola cadangan minyak goreng sebesar 10 persen dari total kebutuhan minyak goreng dalam bentuk kemasan sederhana,'' jelas Airlangga.

Baca Juga: Tabrakan Beruntun Dua Mobil Vs Truk di Banyumas, Seorang Meninggal Dunia dan Lima Orang Luka

Dia mengatakan, pelaksanaan kebijakan tersebut terutama untuk distribusi minyak goreng ke masyarakat, dengan harga terjangkau sebesar Rp14 ribu per liter.

Menurutnya, kebutuhan pasokan minyak goreng curah bulanan nasional mencapai 194 ribu ton, sedang saat ini stoknya mencapai 211 ribu ton.

Airlangga pun mengatakan untuk menjamin ketersediaan bahan baku minyak goreng, pemerintah juga menetapkan kebijakan melalui penerapan aturan Domestic Market Obligation dan Domestic Price Obligation oleh Kementerian Perdagangan.

Baca Juga: Tragis! Tunggu Kekasih Isi BBM, Seorang Gadis Meninggal Dunia Tertabrak Truk di SPBU

''Jumlah DMO ini, kita menjaga sebesar 10 juta ton minyak goreng yang terdiri dari 8 juta ton minyak goreng dan 2 juta ton untuk cadangan,'' paparnya.

Selain itu, katanya lagi, pelaksanaan ekspor oleh produsen akan dilakukan pengawasan secara ketat dan terintegrasi.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X