Kadin Indonesia Optimalkan Penetrasi Pasar Produk UMKM ke AS

- Selasa, 26 April 2022 | 14:46 WIB
Founder KSW Center sekaligus Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Kukrit Suryo Wicaksono bersama dengan Co Founder & CEO Indonesian Market Hub Inc Washington DC USA Rachmad Poetranto (Suara Merdeka Dok)
Founder KSW Center sekaligus Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Kukrit Suryo Wicaksono bersama dengan Co Founder & CEO Indonesian Market Hub Inc Washington DC USA Rachmad Poetranto (Suara Merdeka Dok)

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) berupaya mengoptimalkan penetrasi pasar produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) ke Amerika Serikat.

Untuk itu, Kadin bersinergi dengan Indonesian Market Hub Inc yang juga memiliki gudang Indonesian Trade House (ITH).

Menurut Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Kukrit Suryo Wicaksono dari sana produk-produk UMKM yang diimpor dari Indonesia didistribusikan ke seluruh pasar AS.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmi Melarang Ekspor Minyak Goreng, Harga di Luar Negeri Langsung Melambung

Kerja sama dengan Rachmad Poetranto, Co Founder and CEO, di Washington DC USA pun diharapkan bisa mendorong lebih banyak lagi produk UMKM yang dilempar ke pasar Amerika.

''Tidak hanya dari Indonesia tapi juga Asia Tenggara untuk masuk pasar AS. Produk seperti kopi, hasil agro hingga kerajinan pun sudah digarap melalui ITH,'' kata Kukrit yang juga Founder KSW Center (Kampus Sahabat Wirausaha), Senin, 25 April 2022.

Sejauh ini upaya untuk mendorong pasar UMKM ke Amerika Serikat juga sudah dilakukan Pemprov Jawa Tengah dan Bank Indonesia serta sejumlah stakeholder. Sebelumnya, kurator dari AS juga sudah didatangkan untuk mengkurasi peserta UMKM di sektor fesyen, handycraft, dan furnitur.

Dalam kesempatan tersebut, peserta UMKM juga diberikan materi mengenai strategi untuk bisa memasuki pasar bebas dan ekspor agar bisa bersaing khususnya di AS.

Kukrit menambahkan, Kadin Indonesia mengumpulkan produk-produk unggulan UMKM dari berbagai provinsi di Indonesia. Nantinya akan dikurasi oleh Kadin Indonesia. Kemudian Kadin Indonesia yang langsung mengirimkan barang-barang tersebut ke Washington DC USA.

''Jadi konsepnya bukan yang dari daerah langsung mengirim ke Washington DC USA. Tetapi melalui Kadin Indonesia, dan Kadin Indonesia yang melakukan kurasi,'' imbuhnya. J14

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X