Harga Minyak Goreng Tak Kunjung Turun, Lutfi Geram: Ancam Distributor yang Terbukti Menimbun Barang

- Rabu, 9 Maret 2022 | 16:11 WIB
Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi. /Dok Istimewa/
Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, mengaku geram lantaran harga minyak goreng yang tak kunjung turun juga hingga hari ini.

Melihat kondisi tersebut, Lutfi pun mengancam para spekulan, terutama para distributor utama untuk dibawa ke meja hijau, jika terbukti menimbun barang.

''Saya sudah berkoordinasi dengan Satgas Pangan. Saya akan menuntut spekulan itu berdasarkan hukum. Jadi, inilah salah satu yang menyebabkan disrupsi di rantai logistik yang mereka ingin dapat keuntungan besar,'' katanya dalam keterangan pers secara virtual, Rabu, 9 Maret 2022.

Baca Juga: Antusiasme Penggemar Otomotif di Tanah Air Luar Biasa, Tiket Mahal MotoGP 2022 Mandalika Tetap Laris Manis

Dia pun mengungkapkan, sejumlah penyebab masih tingginya harga minyak goreng, salah satunya karena banyak para pedagang yang berspekulasi soal harga.

''Jadi, mereka mengharapkan terjadinya perubahan, bahkan kalau di pasar market ini ada yang sifatnya jangka panjang dan pendek,'' tambah Lutfi.

Menurutnya, akibat adanya spekulasi tersebut membuat orang berani bertaruh bahwa ke depan pemerintah akan melepas atau tidak memberlakukan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Baca Juga: Namanya Moncer lewat Cerpen Lupus, Penulis Hilman Hadiwijaya Meninggal Dunia

''Kenapa? Agar mereka bisa menjual dengan harga tinggi yaitu membeli di harga Rp 10.300, harapannya menjual dengan harga internasional yang saat ini perbedaannya Rp 10 ribu,'' papar Lutfi.

Selain itu, menurut Lutfi, tersendatnya distribusi minyak goreng ke pasar, juga diakibatkan adanya penjualan minyak goreng ke kalangan pelaku industri.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Perluas Transaksi Digital, BRI Gandeng Oppo Indonesia

Kamis, 19 Januari 2023 | 07:04 WIB

Fortune Indonesia, Referensi Berita Bisnis Anak Muda

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:58 WIB
X