Perusda Citra Mandiri Jateng dan Bright Java Kerja Sama Ekspor Kopi Berkualitas Dunia

- Senin, 14 Juni 2021 | 17:25 WIB
PANEN KOPI: Direktur Pemasaran dan Operasional Perusda Citra Mandiri Jateng, Ir Totok AS dan CEO Bright Java, Troy Kiper dan jajarannya panen kopi di Perkebunan Tlogo Tuntang, Kabupaten Semarang. Foto: SMN/Surya Yuli P (Surya Yuli P)
PANEN KOPI: Direktur Pemasaran dan Operasional Perusda Citra Mandiri Jateng, Ir Totok AS dan CEO Bright Java, Troy Kiper dan jajarannya panen kopi di Perkebunan Tlogo Tuntang, Kabupaten Semarang. Foto: SMN/Surya Yuli P (Surya Yuli P)

TUNTANG, suaramerdeka-wawasan.com - Perusahaan Daerah Citra Mandiri Jawa Tengah bekerja sama dengan Indonesian Specialty Coffe ''Bright Java'' menyerap kopi robusta produksi Perkebunan Tlogo Tuntang, untuk dikembangkan sebagai produksi ekspor berkelas dunia.

Kerja sama itu juga akan dikembangkan untuk memberdayakan petani kopi di Jawa Tengah, guna mengolah kopi sesuai standar Bright Java.

Kesepakatan tersebut tercapai setelah ada pertemuan antara manajemen Perusada Citra Mandiri milik Pemprov Jateng dengan Bright Java di Wisata Argo Tlogo & Resort Tuntang, Kabupaten Semarang, akhir pekan lalu.

Baca Juga: Daerah Belum Bisa Deteksi Covid-19 Asal Virusnya Varian India, Inggris, Afrika Atau Lainnya

''Sudah ada kesepakatan Bright Java menyerap kopi produksi Perkebunan Tlogo Tuntang, yang merupakan unit bisnis Perusda Citra Mandiri Jateng. Bright Java akan mengolah dan mengemas kopi robusta Perkebunan Tlogo Tuntang, serta mengekspor ke pelanggan tetap Bright Java di pasar dunia,'' kata Direktur Pemasaran dan Operasional Perusda Citra Mandiri Jateng, Ir Totok AS.

Totok mengungkapkan, saat ini Perkebunan Tlogo Tuntang sedang panen raya kopi robusta, dengan produksi sekitar 180 ton hingga 200 ton setiap tahun, di lahan sekitar 75 hektare.

Selama ini Perkebunan Tlogo mengolah sendiri, namun dengan kerja sama itu maka seluruh kopi produksi Perkebunan Tlogo diolah dan dikemas sesuai standar Bright Java.

Baca Juga: Imbauan Seminggu di Rumah Terkait Melonjaknya Covid-19 Tak Digubris, Aktivitas Masyarakat Tetap Ramai

''Peluang kerja sama ini saling menguntungkan, karena kopi produksi Perkebunan Tlogo Tuntang akan diserap, diolah, serta dikemas oleh Bright Java, dan akan diekspor ke buyer atau pelanggan Bright Java di luar negeri,'' jelas Totok.

Di sisi lain, Bright Java juga akan memberdayakan petani kopi di Jawa Tengah, untuk mengolah kopi dan mengemasnya sesuai dengan standarnya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Sumber: SM Network

Tags

Terkini

X